Kepemimpinan Ganjar Dinilai Paling Selaras dengan Jokowi

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Paling Selaras dengan Jokowi

--

KEPEMIMPINAN bakal calon presiden Ganjar Pranowo dinilai paling selaras dengan model kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

------------

DALAM survei indikator keselarasan dengan model kepemimpinan Jokowi itu, Ganjar mengalahkan dua pesaingnya, yakni Ketum Partai Gerindra yang juga Bacapres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Salah satu indikator yang kita ukur dari kelompok milenial kampus adalah keselarasan dengan leadership Presiden Jokowi dan pada indikator ini Ganjar unggul jauh dari Prabowo dan Anies," ujar Direktur Eksekutif LPI Boni Hargens dilansir daei beritasatu, Minggu (16/7/2023).

BACA JUGA: Rudianto Tjen Ajak Caleg PDIP Taat Aturan Jelang Pemilu 2024

Hal itu disampaikan Boni di acara launching survei nasional LPI bertajuk "Capres Pilihan Millenial Kampus" di Hotel Aryaduta, Semanggi, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Boni menjelaskan, dalam survei tersebut,  sebanyak 44,51 persen responden menilai Ganjar selaras dengan model kepemimpinan Jokowi. Sementara Prabowo mendapatkan angka 34,61 persen dan Anies hanya mendapatkan 20,89 persen.

"Hal ini senada dengan jawaban responden atas kandidat yang paling tepat meneruskan roda pembangunan yang telah dilakukan Jokowi di mana Ganjar meraih angka 39,74 persen, lalu disusul Prabowo 34,65 persen dan 25,61 persen," tandas Boni.

Boni mengatakan indikator keselarasan dengan kepemimpinan Jokowi merupakan hal penting bagi pemilih milenial kampus. Hal ini karena kelompok milenial kampus umumnya menilai Jokowi telah berhasil memimpin Indonesia. Untuk itu, mereka bakal memilih kandidat yang selaras dengan leadership Presiden Jokowi di Pilpres 2024.

BACA JUGA:PDIP Siap Cetak Hattrick 2024

"Karenanya tak heran, Ganjar juga unggul pada indikator-indikator lain yang menunjukkan keberhasilan Jokowi. Misalnya, pada indikator memperkuat nasionalisme, Ganjar unggul tips atas Prabowo dan Anies tertinggal jauh," jelas dia.

Pada indikator nasionalisme, sebanyak 37,80 persen responden menilai Ganjar memiliki jiwa kebangsaan, unggul tipis dari Prabowo di angka 37,22 persen. Sementara Anies Baswedan tertinggal jauh dari keduanya, di angka 24,98 persen.

Diketahui, survei nasional LPI ini dilaksanakan pada 5-11 Juli 2023 terhadap kelompok milenial kampus dengan jumlah sampel sebanyak 700 responden.

Margin of error dari sampel tersebut sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan ± 97,2 persen. Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah cluster sampling di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel adalah berdasarkan berdasarkan pengelompokkan milenial dari setiap kampus di kota atau provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: