Pemkab Bangka Sosialisasikan Asesmen Nasional

Pemkab Bangka Sosialisasikan Asesmen Nasional

Wabup Syahbudin membuka asesmen nasional tingkat SMP Kabupaten Bangka.-Yudi-

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka, menyosialisasikan asesmen Nasional tingkat SMP kepada tenaga pendidik dan stakeholder pendidikan, Selasa (11/7).

Asesmen ini untuk melakukan evaluasi sistem pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

BACA JUGA:Guru Penggerak Kabupaten Bangka Dikukuhkan, Wabup Minta Segera Aksi untuk Pendidikan

Wakil Bupati Bangka Syahbudin, yang membuka kegiatan, menyatakan asesmen yang diselenggarakan oleh pemerintah bukan sebagai pengganti ujian nasional, namun lebih ditekankan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

"Asesmen Nasional juga berguna sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan yang ada," ujar Syahbudin.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Minta PGRI Latih Guru Tingkatkan SDM

Asesmen Nasional SMP Kabupaten Bangka tahun 2023 diikuti oleh 46 orang kepala sekolah tingkat SMP negeri dan swasta termasuk satu orang koordinator pengawas.

"Kegiatan ini penting diselenggarakan karena untuk memberikan penguatan pemahaman tentang assessment Nasional SMP yang meliputi jadwal pelaksanaan, peserta asesmen dan kegiatan survey kegiatan belajar," kata Ketua Pelaksana kegiatan sosialisasi Asesemen Nasional SMP Tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023, Vini Awilia.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Kekurangan Ratusan Guru

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.(*)

BACA JUGA:Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bangka Diikuti 60 Guru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: