Kini Pendaftaran Berobat Hingga Cek Dokter di RSUD Toboali Bisa Melalui Aplikasi SIM RS

Kini Pendaftaran Berobat Hingga Cek Dokter di RSUD Toboali Bisa Melalui Aplikasi SIM RS

dr Rudi Hartono -Ilham -

BABELPOS.ID, TOBOALI - Inovasi pelayanan publik terus dihadirkan oleh Kabupaten Bangka Selatan (Basel) guna mempermudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan baik kesehatan, maupun administrasi.

Yang terbaru inovasi dihadirkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Junjung Besaoh Basel melalui sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS).

BACA JUGA:Basel Raih UHC Award, Musani: Jangan Ada Rumah Sakit Menolak Pasien

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa melakukan pendaftaran berobat hingga cek dokter dan cek obat.

"Kita sedang mempersiapkan SIM RS, dimana seluruh pelayanan masyarakat berbasis online," ungkap Plt Direktur Rsud Basel dr. Rudy Hartono, Minggu (08/07).

BACA JUGA:Komisi 1 Akan Kawal Pembangunan Ruang Pelayanan RSUD Basel

Dijelaskan dr. Rudi, dalam aplikasi SIM RS terdapat berbagai pelayanan, diantaranya pendaftaran pasien, pelayanan dokter, laboratorium, radiologi, hingga obat.

"Keuntungan dari aplikasi ini karena semuanya dilakukan secara online, jadi pelayanan kepada pasien lebih cepat dan efisien," tuturnya.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke 77, Polres Basel Gelar Donor dan Cek Kesehatan Masyarakat

Melalui aplikasi SIM RS nantinya pasien bisa melakukan pendaftaran untuk berobat dari rumah dengan menggunakan handphone, bisa mengetahui nomor antrian, mengetahui ada tidaknya dokter, hingga mengetahui ketersediaan obat.

"Dengan aplikasi ini pihak RSUD bisa menghemat pemakaian kertas, dan para dokter bisa mengetahui riwayat pengobatan pasien pada sebelumnya," terang dr. Rudi.

"Aplikasi SIM RS ini bisa didapatkan melalui Playstore, website mobile JKN, namun bagi pasien yang masih mempunyai keterbatasan tentang teknologi pihak RSUD masih melayani secara manual," tambahnya.

BACA JUGA:Sidak ke RSUD Basel, Ini Pesan Sekda

Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh pihak RSUD Basel, mulai dari menyusun jaringan, pemasangan instalasi komputer, dan peningkatan jaringan internet, agar pada saat launching aplikasi SIM RS siap digunakan tanpa adanya hambatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: