DWP Bateng dan Namang Gelar Sosialisasi Produk Unggulan Babel, Teh Pelawan

DWP Bateng dan Namang Gelar Sosialisasi Produk Unggulan Babel, Teh Pelawan

--

BABELPOS.ID, KOBA - Salah satu produk unggalan Bangka Belitung, Teh Pelawan Namang kembali diperkenalkan lewat sosialisasi pelatihan pembuatan Teh dari Daun Pelawan.

Kegiatan ini digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bangka Tengah bersama DWP Kecamatan Namang di Sekretariat DWP Bateng, pada Jumat, (7/7/2023) yang diikuti oleh DWP se-Kabupaten Bangka Tengah.

Diketahui, cara membuat teh pelawan juga sangat mudah, yakni daun pelawan diambil secukupnya, dicuci bersih dan daun diiris menjadi kecil, kemudian daun pelawan dijemur sampai kering.

Selanjutnya, daun pelawan direbus sekitar 10 menit, didinginkan airnya lalu disaring dan disajikan dengan madu atau gula agar lebih hangat.

Ketua DWP Bateng, Elshinta Sugianto mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan para anggotanya untuk dapat menyediakan minuman yang sehat dalam keluarga.

"Teh Pelawan ini juga dapat diberdayakan sebagai suatu usaha mandiri untuk menambah penghasilan keluarga,” terang Elshinta.

Menurutnya, para istri PNS harus dapat menjadi wanita mandiri, baik dalam melaksanakan tugas rumah tangga maupun dalam melaksanakan tugas sosial kemasyarakatan.

“Sebagai istri PNS, walaupun telah dijatah uang belanja dari suami, namun lebih baik dapat menjadi wanita mandiri dengan cara memiliki berbagai keterampilan, seperti membuat teh yang sehat dan dapat dijual sebagai tambahan penghasilan keluarga,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kecamatan Namang, Kiki Listari mengatakan teh daun Pelawan ini cukup diminati masyarakat, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah berbagai penyakit berbahaya, dan cara pembuatannya pun sangat mudah.

"Khasiatnya juga banyak sekali, diantaranya dapat mengobati sakit maag, mengurangi kolesterol, meningkatkan kinerja jantung dan paru, menyebuhkan stroke, meningkatkan daya tahan otak, anti kanker, anti tumor, anti bakteri dan anti virus,” imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: