Usaha Getas Afifah Makin Berkembang Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Usaha Getas Afifah Makin Berkembang Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Toko Oleh-oleh Afifah binaan PT Timah Tbk.--Agus

BABELPOS.ID, BANGKA TENGAH - Desa Kurau memiliki potensi perikanan yang banyak, sehingga banyak masyarakat sekitar mengolah ikan menjadi berbagai makanan seperti getas atau kretek. 

Getas merupakan salah satu makanan khas Bangka yang berasal dari ikan, bentuknya mirip dengan kerupuk. Memiliki rasa yang gurih getas cocok untuk cemilan maupun teman makan. 

Melihat peluang usaha getas yang cukup berkembang, salah satu mitra binaan PT Timah Tbk Mahyana memulai usaha membuat getas dengan brand 'AFIFAH'. 

BACA JUGA:Masjid Nurhidayah Desa Katis Terima Bantuan dari PT Timah Tbk

Selain getas, mereka juga memproduksi ampiang dan kericu dengan berbagai varian rasa selain ikan, seperti cumi, udang dan kepiting. 

Mahyana menceritakan, usahanya semakin berkembang setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Peningkatan usahanya terlihat dari bertambahnya jumlah pekerja dan produksi yang meningkat.

"Usahanya Alhamdulillah banyak kemajuan setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Sebelumnya, yang kerja hanya keluarga saja tapi sekarang sudah ada sekitar 50 orang yang kerja apalagi di saat musim lebaran," katanya dalam siaran pers yang diterima Babel Pos, Jumat (30/6/2023). 

BACA JUGA:Ayo Dukung Museum Timah Indonesia Pangkalpinang dan Bukit Pinteir Jadi Pemenang Dalam Ajang API ke 8

Selain itu, kata dia setelah menjadi mitra binaaan PT Timah Tbk mereka juga bisa membangun rumah produksi baru. Sehingga memudahkan proses pembuatan getas. 

"Dengan adanya pinjaman modal dari PT Timah Tbk, kami bisa beli bahan baku seperti ikan lebih banyak. Serta bahan-bahan lainnya, otomatis produksi juga bertambah. Dalam satu hari bisa produksi sekitra 200 lebih kg," ucapnya. 

BACA JUGA:PT Timah Tbk Bantu Pembangunan Surau Babul Jannah di Desa Senyubuk Beltim

Selain itu, mereka juga menambah barang-barang produksi untuk memudahkan proses produksi. 

Secara pemasaran, mereka juga terus berkembang dengan memanfaatkan promosi dari media sosial. Mereka juga sudah memasarkan produk ke supermarket, warung-warung dan toko oleh-oleh.

BACA JUGA:Dorong Kelor KUB di Belitung Timur Berkembang, PT Timah Tbk Serahkan Bantuan Alat Produksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: