MUI Babel Ikut Bimtek Kesekretariatan dan Keuangan

MUI Babel Ikut Bimtek Kesekretariatan dan Keuangan

Bimtek kesekretariatan dan keuangan MUI di Jakarta.--Ist

BABELPOS.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus berikhtiar memperbaiki dan mengembangkan sistem organisasinya sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan umat yang dinamis. Hal itu penting dilakukan agar MUI di satu sisi dapat melaksanakan peran dan tugasnya secara optimal. Di sisi lain MUI tetap mampu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi. 

Menjadi cita-cita dan kebutuhan MUI untuk mewujudkan SDM pengurus dan staf handal dan profesional yang bertugas di bidang Kesekretariatan dan keuangan di setiap tingkat kepengurusan. Hal ini dikarenakan di tangan mereka lah tugas dan tanggung jawab menjalankan tata kelola Kesekretariatan dan keuangan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan program peningkatan kualitas SDM pengurus dan staf tersebut dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek).

BACA JUGA:MUI Babel Ajak Ambil Hikmah Gerhana, Saling Menghormati Perbedaan Idulfitri 1444 H

Atas dasar itu menjadi agenda penting bagi MUI untuk menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) di bidang Kesekretariatan dan keuangan untuk unsur Sekretaris Umum/Sekretaris yang bertanggung jawab memimpin dan mengarahkan Sekretariat, Bendahara/Wakil Bendahara yang bertanggung jawab memimpin dan mengarahkan hal-ihwal anggaran/keuangan serta Kepala Kantor/staf yang bertugas melakukan kerja kerja administrative, teknis, dan operasional di bidang Kesekretariatan dan keuangan.

Para narasumber bimtek adalah Pimpinan Harian/Dewan Pimpinan MUI (DP MUI) dan para pengurus DP MUI yang kompeten sesuai topik materi yang diberikan.

Materi yang diberikan berupa topik-topik yang berkaitan dengan Kesekretariatan dan keuangan MUI yang bersumber dari kebijakan umum DP MUI, Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI (PD PRT MUI), Peraturan Organisasi MUI (PO MUI), dan keputusan-keputusan MUI lainnya.

BACA JUGA:Sambut Ramadan, Ini Pesan MUI Babel

Pada Pembukaan Kegiatan Sekjen MUI H. Amirsyah Tambunan mengatakan dinamika semakin dinamis maka kepercayaan publik harus dijaga dengan baik, saat ini MUI telah memiliki seetifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang menjadi salah satu instrumen konseptual untuk meningkatkan kualitas, pelayanan organisasi kepada masyarakat dan internal pengurus MUI. Ujarnya

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi peserta agar dapat melaksanakan tugas secara lebih optimal dalam jabatannya di llingkungan dewan pimpinan provinsi dan kabupaten/kota se – Indonesia.

BACA JUGA:Ketum MUI Babel Ajak Umat Siapkan Fisik dan Hati Sambut Ramadan

Bendahara Umum MUI, H. Misbahul Ulum menambahkan bahwa kegiatan ini memiliki target untuk meningkatkan tata kelola kesekretariatan dan keuangan MUI di Dewan Pimpinan MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota yang Modern, akuntabel dan transparan.  

Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta dari perwakilan 34 Provinsi termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diikuti oleh Sekretaris umum (Ahmad Luthfi), Bendahara umum (Nardi Pratomo) dan staf administrasi (Aqwam Aris) MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 09 – 10 Juni 2023 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta Barat. (*)

BACA JUGA:Bagi Tim Penyelia Halal Internal Fox Harris LPPOM MUI Babel Siap Beri Pembinaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: