Inilah 4 Pemimpin Negara yang Ngetop, Tapi hidupnya Miskin

Inilah 4 Pemimpin Negara yang Ngetop, Tapi hidupnya Miskin

--

BABELPOS.ID.-  Populer dan ngetop, lalu jadi pemimpin negara, semestinya hidup bergelimang harta.  

Ternyata asumsi itu tidak berlaku bagi 4 mantan pemimpin negara ini.  Mereka malah hidup miskin, dan itu memang pilihan.  

Inilah mereka:

1. Jose Mujica

Mantan Presiden Uruguay ini hanya tinggal di sebuah rumah kecil yang hampir rusak bersama istrinya, Lucia Topolansky.  Dia tidak mau tinggal di istana kepresidenan.  

Selama 5 tahun jabatannya, yaitu dari 2010 - 2015, sma sekali tidak ia manfaatkan untuk kepentingan pribadi.  Malah gajinya 90 persen ia sumbangkan untuk orang miskin.

2. Mahmud Ahmadinejad

Presiden Iran yang sangat populer ini ternyata presiden yang miskin pula.  Gajinya selaku Presiden Rp 42 juta tak diambilnya.  Dia hanya hidup dari gajinya selaku dosen Rp 3,5 juta saja.  Dia juga hanya mengandalkan mobil tua yang kemudian dijual untuk acara amal.

BACA JUGA: Tiga Pemimpin Negara Dengan Gaji Tertinggi di Dunia. Satunya dari Asia Tenggara. Siapa Dia?

3. Joyce Banda

Presiden wanita pertama di Malawi ini menjual jet presiden dan 60 mobil limosin mercedez untuk menghemat keuangan negara.  Uang penjualan aset negara itu digunakannya memberi makan warga.  Untuk bepergian, ia hanya naik pesawat komersil seperti warga biasa.

4.Fidel Castro

Siapa tak kena Fidel Castro pemimpin terlama Kuba.  Ternyata, meski berkuasa penuh dia hanya digaji 900 peso kuba atau setara dengan Rp 470.000/bulan.  Ia terus menerus membantu rakyatnya.  Bahkan ia rela menampung korban banjir di kantor kepresidenan.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: