Program Kerja Gule Kabung, Sinergi Ala Pj Gubernur Suganda

Program Kerja Gule Kabung, Sinergi Ala Pj Gubernur Suganda

--

BABELPOS.ID, JAKARTA - Menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) terhitung sejak 31 Maret 2023 lalu, Suganda Pandapotan Pasaribu terus membuat terobosan baru melalui program-program kerja yang bersinergi bersama semua pihak. 

"Salah satunya yaitu program terbaru yang diluncurkan 27 Mei 2023 lalu yakni Gule Kabung yang merupakan singkatan dari Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung," ungkap Pj. Gubernur Suganda saat Taping Program Teras Negeri Tempo di Kantor Tempo Jakarta Selatan, pada Kamis (8/6/2023). 

Dituturkan oleh Pj. Gubernur Suganda melalui Pogram Teras Negeri Tempo yang dipandu oleh Host Jihan ini, bahwa program Gule Kabung ini ada lima program didalamnya yakni pertama adalah Percepatan penurunan angka stunting dan malnutrisi pada anak. 

"Kami bersinergi melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan memperluas program kemitraan untuk mengentaskan stunting dan malnutrisi, salah satunya dengan mengentaskan permasalahan kemiskinan yang menjadi pemicu terjadinya stunting," ujarnya. 

Kedua, pengentasan kemiskinan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel akan memberikan perhatian lebih pada kasus kemiskinan ekstrem. Percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem secara tepat sasaran dilakukan melalui kebijakan strategi melonggarkan belanja negara melalui bantuan sosial, jaminan sosial, dan subsidi, yaitu kelompok program/kegiatan, meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, serta mengurangi jumlah angka kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur pelayanan dasar. 

"Ketiga, pengendalian Inflasi serta mendorong iklim usaha yang produktif. Pengendalian inflasi daerah dapat ditekan terlebih dahulu dengan berupaya menyiapkan anggaran pengendalian harga bagi pemerintah daerah. Selain itu, Pemprov Kep. Babel juga mempercepat penerapan kemudahan, dan kepastian izin usaha untuk meningkatkan kegiatan ekonomi," jelasnya

Keempat, dikatakan Pj. Gubernur Suganda yakni meneruskan program-program strategis yang telah dibentuk dan dijalankan oleh gubernur/pj gubernur sebelumnya dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Suatu program dapat dikatakan berhasil apabila dapat diimplementasikan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, kami tidak akan menyia-nyiakan apa yang telah ditanam oleh gubernur sebelumnya. 

"Program kelima, mengutamakan nilai-nilai akuntabilitas, transparansi, dan kredibilitas dalam rangka mewujudkan _good governance_ dan _clean governance_, juga sebagai wujud komitmen untuk menegakkan integritas," terangnya. 

Melalui program Gule Kabung ini Pj. Gubernur Suganda melibatkan semua stakeholder yang ada di pemerintah daerah baik itu forkompinda, instansi vertikal, maupun para kepala UPTD yang ada di Provinsi Kep. Bangka Belitung beserta kabupaten/kota yang menjadi lokus pada saat pelaksanaan dari kampung yang dikunjungi.

"Terus bersinergi, Jangan takut untuk mengawasi pemerintah karena artinya ketika kita ingin mewujudkan _good governance_ ada tiga aktor didalamnya yaitu pemerintah, masyarakat, dan swasta. Ketiganya harus saling sinergi, pemerintah provinsi baik juga pemerintah kabupaten/kota akan bersinergi dengan semua masyarakat dan juga dengan swasta dan kita terbuka untuk sama-sama membangun Bangka Belitung menjadi provinsi yang luar biasa dan modern," pungkasnya. 

Penulis: Lisia Ayu

Foto: Dina

Editor: Intan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: