Peduli Lingkungan Sekaligus Beramal, Bangun Masjid Lewat Infas

Peduli Lingkungan Sekaligus Beramal, Bangun Masjid Lewat Infas

Bangun Masjid di Pondok Ar Rahman Lewat Infas --Tri

BABELPOS.ID, PEMALI - Pondok Pengajian Ar Rahman Desa Penyamun dan Karang Taruna Desa Penyamun melakukan aksi peduli lingkungan dan gerakan amal lewat sampah. Aksi diwujudkan lewat program sedekah sampah untuk menjadikan lingkungan bersih sekaligus beramal ke masjid dari hasil pengolahan dan penjualan sampah. 

Pembina Pondok Pengajian Ar Rahman Desa Penyamun Kecamatan Pemali, Achmad Suherman mengatakan, pihaknya memiliki program yang dikenal dengan Infaq Sampah (Infas). Fokus progam Infas berlangsung di Pondok pengajian Alquran Ar Rahman dan Rumah Zakat Penyamun yang merupakan kerjasama dengan masyarakat, Karang Taruna dan Pemerintah Desa Penyamun. 

"Kita melakukan program Infaq sampah yang hasil dari pengolahan sampah ini disumbangkan ke pembangunan Masjid Al Mubaroq Desa Penyamun. Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan kebersihan lingkungan dari sampah," sebut Achmad Suherman kepada Babel Pos, Kamis (8/6).

BACA JUGA:Pondok Pengajian Ar Rahman Terima Bantuan Rumah Zakat Indonesia

Ia jelaskan, dalam hal ini pihaknya mengajak masyarakat untuk menginfaqkan sampah yang masih memiliki nilai jual guna beramal membangun Masjid Al Mubarok. Salah satunya lewat cara kegiatan pengumpulan sampah. Pengolahan sampah di Pondok Ar Rahman ikut melibatkan santri-santri serta para ustadz. 

Sejauh ini pihaknya yang didukung Kadus Penyamun dan Karang Taruna Desa Penyamun langsung mengambil sampah-sampah yang masih bernilai ekonomis ke rumah-rumah masyarakat. Pihaknya bersyukur karena kegiatan ini turut didukung oleh Kepala Desa Penyamun, Rohani. 

BACA JUGA:Mondok Sehari di Pondok Quran Ar Rahman, Anak-anak Bisa Belajar Islam Gratis

Dalam aksi peduli lingkungan dan sedekah sampah untuk pembangunan masjid lewat Infas, sampah-sampah dikumpulkan di Pondok Pengajian Alquran Ar Rahman Desa Penyamun. Setelah disortir dan diolah lalu dijual kepada pengepul barang rongsokan plastik kertas dan kardus. 

"Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi berpartisipasi dalam kegiatan ini, bahkan ada yang mengantar langsung ke pondok. Ada juga dikumpul di rumah dan diambil oleh Karang Taruna ke rumah-rumah warga," ujarnya. 

BACA JUGA:Pondok Pengajian Ar Rahman Syiar Islam Lewat Lomba Islami

Pihaknya berkeyakinan program Infas memiliki manfaat untuk mengurangi sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Sebab, selama ini tak jarang ada sampah yang dibuang di selokan, di hutan-hutan, dan tempat lainnya. 

"Kita harap program ini akan membuat sampah-sampah bisa dikumpulkan, sehingga bisa menjaga kebersihan lingkungan. Selain bersih, juga bisa beramal untuk pembangunan masjid." pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama Tandai Pembangunan Pondok Pengajian Ar Rahman

BACA JUGA:Rumah Zakat Indonesia Sumsel Bantu Pondok Pengajian Ar Rahman Penyamun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: