Basarnas Babel Diskusikan Pembangunan Tower Repling dan Pelatihan Potensi SAR ke Pj. Gubernur Suganda

Basarnas Babel Diskusikan Pembangunan Tower Repling dan Pelatihan Potensi SAR ke Pj. Gubernur Suganda

Kepala Basarnas Babel dan Pj Gubernur Suganda mendiskusikan pembangunan Repling Tower.--Diskominfo Babel

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Basarnas Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) melakukan diskusi bersama Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, terkait pelaksanaan kegiatan Pelatihan Potensi SAR dan Pembangunan Tower Repling, di Ruang VIP Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Rabu (7/6/2023).

Terkait hal ini, Kepala Basarnas Kepulauan Babel, I Made Oka Astawa mengatakan, bahwa pihaknya berencana menggelar Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tanggal 11-17 Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA:Temui Pj Gubernur Suganda, PGRI Babel Sampaikan Sejumlah Persoalan

Made Oka menerangkan bahwa pelatihan tersebut, nantinya akan mengundang sejumlah instansi terkait di Provinsi Kepulauan Babel, khususnya di Kabupaten Basel. 

Selain itu, menurut Made Oka, kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang akan diselenggarakan di Negeri Junjung Besaoh tersebut masuk ke dalam silabus program nasional serta tersertifikasi. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Buka Latpim Administrator Angkatan II

"Nantinya Pelatihan Potensi SAR ini, akan diikuti sejumlah instansi-instansi yang terkait dengan SAR, yang ada di Kepulauan Babel dan Kabupaten Basel, seperti BPBD, Dinas Sosial, Tagana, Pramuka Peduli, termasuk relawan dan instansi terkait lainnya," terangnya.

"Jadi, jika suatu saat ada kebencanaan maupun yang membutuhkan layanan SAR, mereka yang sudah kita didik dalam Pelatihan Potensi SAR nanti, bisa memberikan pelayanan SAR terhadap masyarakat di Kepulauan Babel," tambahnya.

BACA JUGA:Pj. Gubernur Suganda Bicara Tentang Timah Sebagai Mineral Strategis di _Miner Conference and Exhibition_ 2023

Lebih lanjut Made Oka menerangkan, selain akan menggelar Pelatihan Potensi SAR, Basarnas Kepulauan Babel juga berencana melakukan pembangunan _Tower Repling_. 

Menurut Made Oka, Tower Repling yang dibangun nantinya akan di kombinasikan dengan kolam renang sedalam lima meter dengan dilengkapi gambar, kaca dan tali temali. Semua itu, lanjut Made Oka, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, untuk latihan penanggulangan kebencanaan.

BACA JUGA:Datangi KPK, Pj Gubernur Ajak Semua Pihak Awasi Tata Kelola Pemerintahan di Kep. Babel

"Waktu di Belitung, kami (Basarnas Kepulauan Babel) sudah pernah menyampaikan rencana pembangunan Tower Repling ini ke Pak Pj. Gubernur karena Kepulauan Babel ini wilayahnya didominasi oleh perairan," terangnya.

"Kami berencana menyatukan antara tower repling, tali temali, kolam renang dan lain sebagainya, untuk digunakan oleh siapapun yang ingin melakukan latihan penanggulangan kebencanaan ataupun jika ada yang membutuhkan pelayanan SAR di Perairan, seperti di Sungai, Kolong dan sebagainya," lanjutnya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: