Minat Baca di Bateng Rendah, Kata Kepala DKP Karena Ini

Minat Baca di Bateng Rendah, Kata Kepala DKP Karena Ini

Irwandi --Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, KOBA - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah (DKP Bateng), Irwandi mengungkapkan minat baca masyarakat Bateng tergolong rendah.

"Untuk minat baca Bangka Tengah memang masih tergolong rendah dan ini adalah tanggungjawab berat bagi setiap Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, karena untuk menumbuhkan minat baca masyarakat tidaklah mudah," ungkapnya pada Senin (5/6/2023).

BACA JUGA:Pemantik Minat Baca Siswa, SMP Ini Punya Pojok Baca di Tiap Kelas Hingga Piala Bergilir

Menurutnya, salah satu faktor rendahnya minat baca masyarakat adalah karena pergeseran budaya yang ada saat ini, di mana anak-anak lebih banyak bermain handphone.

"Handphone ini sangat menggerus kemauan mereka untuk membaca, jadi itu memang tugas yang berat untuk meningkatkan minat baca masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA:Bunda Baca Bangka Tengah: Perempuan Itu Harus Pintar!

Kata Dia, pihaknya akan selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat Bangka Tengah.

Diketahui bahwa angka tingkat kegemaran membaca di Bangka Tengah di tahun 2021 masih tergolong rendah, yakni 39,61 dari skala 0 sampai 100.

"Untuk tahun 2022 datanya belum ada, InsyaAllah besok survei mulai kami lakukan dan prosesnya cuma seminggu, baru data diolah," ucapnya.

BACA JUGA:DKP: Tingkat Gemar Membaca di Bateng Peringkat Rendah

Ia menuturkan dalam meningkatkan minta baca, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya seperti kegiatan perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah dan lainnya.

"Kita rutin melakukan giat perpustakaan keliking dan saat ini kita juga sedang proses membangun perpustakaan 4 lantai di Bangka Tengah, semoga semakin banyak yang gemar membaca," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Meriahkan HUT Kota Koba ke-167, Pemkab Bateng Gelar Lomba Membaca Puisi dan Bercerita, Ini Daftar Pemenangnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: