Bekerja Lama Depan Layar, Simak Tips Lindungi Mata Ini

Bekerja Lama Depan Layar, Simak Tips Lindungi Mata Ini

--

BABELPOS.ID - Apakah kamu banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai? 

Jika iya perlu menjadi perhatian khusus mengingat hal ini bisa membawa efek pada mata.

Kondisi-kondisi seperti mata tegang hingga mata kering adalah contoh umum yang bisa terjadi sebagai efek dari penggunaan laptop atau komputer yang terlalu lama.

Meskipun kondisi tersebut umum terjadi di kalangan pengguna komputer, bukan berarti tidak dapat dihindari.

Simak beberapa tips menjaga kesehatan mata Anda saat bekerja di depan komputer, dikutip dari Cnet.

- Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata

Pemeriksaan mata secara teratur dapat membantu Anda menghindari masalah yang mungkin muncul akibat bekerja di depan komputer.

Di samping itu, dokter mata juga dapat melakukan tes rutin untuk masalah kesehatan mata lainnya, seperti glaukoma atau katarak, serta gejala diabetes dan tekanan darah tinggi terkait penglihatan.

- Ciptakan posisi duduk yang ergonomis saat bekerja

Posisi duduk yang ergonomis sangat penting diterapkan mengingat Anda duduk di depan komputer hampir sepanjang hari. Layar komputer harus berjarak 20 hingga 28 inci dari mata Anda, dengan bagian tengah layar 4 hingga 5 inci di bawah ketinggian mata.

Penting juga untuk menurunkan tingkat pencahayaan pada layar karena layar yang terlalu cerah dapat menyebabkan ketegangan mata yang signifikan. Pastikan pula ruang kerja Anda cukup terang dan layar Anda tidak lebih terang dari lingkungan sekitarnya.

- Lakukan senam mata

Beberapa latihan dapat Anda lakukan untuk meredakan mata yang tegang dan meregangkan otot mata misalnya dengan memutar bola mata selama sekitar satu menit.

Anda juga bisa menggerakkan bola mata secara cepat ke arah atas dan bawah kemudian ke kiri dan kanan sebanyak 10 kali untuk setiap gerakan. Telapak tangan Anda juga dapat dimanfaatkan untuk latihan senam mata dengan meletakkannya secara lembut di atas mata selama dua menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: