Didukung Bank Sumsel Babel, SP2D Pemda Bisa Online

Didukung Bank Sumsel Babel, SP2D Pemda Bisa Online

Pelatihan piloting integrasi SIPD yang digelar Bank Sumsel Babel.--Babel Pos

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Pangkalpinang memfasilitasi pelaksanaan Piloting Integrasi BSB dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Kemendagri yang digunakan Pemerintah Daerah (Pemda) di Bangka Belitung, berkoordinasi langsung dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemendagri. Kegiatan dilaksanakan dua hari, 25 – 26 Mei 2023 di Lantai 4 Gedung Bank Sumsel Cabang Pangkalpinang.

AVP Divisi Bisnis Komersial Institusi Bank Sumsel Babel, Dhanis Faisal, menjelaskan piloting ini dilaksanakan dalam rangka mengintregrasikan SIPD milik Kemendagri dengan system aplikasi core business yang dimiliki oleh Bank Sumsel Babel. Sehingga kedepannya proses Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dapat dijalankan secara online. 

BACA JUGA:Babel Salah Satu Pemegang Saham, Didit: Kembalikan RKUD ke BSB

Ini menjadi penting dalam mendorong terwujudnya harapan Kemendagri terhadap transparansi semua proses penganggaran pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari mulai tahap perencanaan, penganggaran, penataan usahaan sampai pelaporan.

"Bank Sumsel Babel pun ikut membantu mewujudkan harapan Pemerintah tersebut, dengan membantu semua proses transaksi pembayaran pemda menggunakan SP2D online pada aplikasi SIPD yang telah diintgerasikan dengan sistem aplikasi yang adalah core business Bank Sumsel Babel," ujarnya.

BACA JUGA:Rekening Pemprov ke BSB Lagi

Kerja sama Bank Sumsel Babel dengan Kemendagri semakin kuat setelah tanggal 17 Februari 2023, BSB juga resmi mendapatkan berita acara dari Kemendagri dan dinyatakan lolos Uji UAT dengan Kemendagari untuk integrasi dengan aplikasi SIPD.

Selanjutnya sejak 1 Mei 2023, BSB juga sudah ujicoba live untuk aplikasi SPID Kemendagri di salah satu Pemerintah Daerah Yakni Kabupaten Muara Enim untuk pembayaran gaji di hari libur secara online. Sehingga para ASN di Kabupaten Muraenim di hari liburpun sudah bisa menerima gaji.

BACA JUGA:BSB Luncurkan Inovasi Layanan Pinjaman Digital Terbaru BSBLOKAK

Untuk di Provinsi Bangka Belitung, hampir seluruh Pemda sudah siap untuk melaksanakan piloting integrasi SIPD dengan Bank Sumsel Babel. Kegiatan kali ini merupakan piloting dengan peserta terbanyak yang diadakan dalam satu acara sekaligus, dengan 6 Pemda se Babel.

"Alhamdulillah semua berhasil dan berjalan dengan lancar. Adapun 6 Pemerintah yang diwakili oleh BPKAD ataupun Bakeuda yang sudah berhasil melaksanakan piloting pada acara ini yakni Kabupaten Bangka, Pemkot Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Pemkab Belitung," jelasnya.

BACA JUGA:BSB Tingkatkan Layanan Perbankan Melalui Agen BSB LUR

"Kita optimis dengan piloting ini akan semakin memudahkan proses integrasi SIPD Kemendagri sehingga transaksi SP2D nya dapat online di prouduction atau di sistem yang real yang ada di Kemendagri dan Bank Sumsel Babel (BSB). Sebab, begitu teman-teman pemda bertransaksi SP2D dengan menggunakan aplikasi SIPD, maka di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) yang ada di BSB maka juga akan terlihat transaksinya secara real time,” terangnya.

Ditambahkan Dhanis, setelah piloting ini maka tahap berikutnya adalah bimbingan teknis, untuk kemudian tahapan Live digunakan SP2D online pada aplikasi SIPD oleh pemerintah daerah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: