Cegah Stunting, Dinkes Kampanyekan Ini

Cegah Stunting, Dinkes Kampanyekan Ini

Kampanye gizi seimbang bagi para pelajar dan remaja Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka bersama Dinkes Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar pertemuan Gizi Seimbang, di hotel Manunggal Sungailiat, Kamis (25/5/2023) kemarin.

Kampanye gizi seimbang diikuti 50 orang peserta dari perwakilan 4 sekolah SMP dan SMA/sederajad, Puskesmas terpilih, Komite Sekolah, Dinas Pendidikan, PKK dan Cabdin Kabupaten Bangka,.

BACA JUGA:Kasus Stunting di Bangka Turun, Tahun Lalu 329 Balita, Sekarang Tinggal Segini

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti, MM mengatakan, anak-anak usia 10-19 tahun adalah kelompok usia peralihan menjadi remaja muda sampai dewasa. Fase ini membutuhkan zat gizi yang cukup karena pertumbuhan cepat memasuki usia pubertas.

"Klompok ini harus benar-benar diperhatikan terhadap persiapan mereka sebelum menikah seperti kebutuhan energi, protein, lemak, air, kalsium, magnesium, vitamin A dan D dengan tambahan khusus banyak makan sayuran hijau dan buah-buahan yang berwarna, gizi seimbang dengan konsep "Isi Piringku"," jelasnya.

BACA JUGA:Petugas Puskesmas Ikut Orientasi Manajemen Intervensi Spesifik

Salah satu hal yang ditekankan untuk remaja putri adalah untuk patuh mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) seminggu sekali. Hal ini harus diedukasi kepada remaja agar agar terhindar dari Anemia.

"Perlu dilakukan gerakan bersama atau dukungan lintas sektor antara pemerintah daerah, camat, kades, lurah, PKK dan pihak swasta yang menyasar kepada remaja agar Kabupaten Bangka bebas stunting," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:4 Kali Berturut, Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Stunting Terbaik se Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: