Awas! Data dan Uang Pengguna Gmail, ini Ada modus Tipuan

Awas! Data dan Uang Pengguna Gmail, ini Ada modus Tipuan

--

BABELPOS.ID - Intinya, hati-hati menggunakan aplikasi apapun.  

Termasuk pemakai Gmail hati-hati dengan e-mail yang mengaku berasal dari Google dan menawarkan hadiah dengan judul ‘Online Reward Program’ atau ‘Penghargaan Program Online’.

Itu lah modus penipuan yang bertujuan untuk mencuri data pengguna Gmail.

Google sendiri telah mengeluarkan peringatan tentang modus penipuan ini melalui blog resminya.

E-mail palsu tersebut akan mengklaim bahwa Google telah berhasil melakukan 18,25 miliar kali pencarian di seluruh dunia berkat pengguna yang setidaknya sudah melakukan 10 juta kali pencarian.

E-mail tersebut akan mengucapkan selamat kepada pengguna sebagai penerima hadiah dan menyertakan sebuah link.

Jika pengguna membuka link tersebut, hacker akan meminta data pribadi pengguna dan menggunakannya untuk kepentingan jahat.

Selain data pribadi, hacker juga bisa mencuri uang pengguna.

Oleh karena itu, pengguna tidak boleh membuka link yang mencurigakan di internet karena biasanya mengandung malware atau virus yang bisa merusak perangkat.

Google menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan hadiah dengan cara meminta data pribadi pengguna dan menyarankan pengguna untuk selalu waspada dengan penipuan yang mirip.

Penipuan lain yang sering terjadi adalah push-notification yang muncul secara tiba-tiba dan mengiming-imingi hadiah. Google menyarankan pengguna untuk menutup jendela notifikasi tersebut dan tidak memasukkan data pribadi mereka.

Google juga memberikan tiga tips untuk menghindari penipuan online, yaitu:

– Perhatikan dengan baik. Penipuan biasanya dibuat untuk membuat pengguna merasa terburu-buru dan tidak berpikir panjang. Jangan mudah tergiur dan bertindak tanpa pikir panjang.

– Lakukan pengecekan. Ketika mendapat pesan yang mencurigakan, coba cek dan pertimbangkan kembali apakah penawaran yang diberikan masuk akal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: