Marak Kasus Pencabulan, Ini Kata Ketua PDPM Basel

Marak Kasus Pencabulan, Ini Kata Ketua PDPM Basel

Ahmad Habibi --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Maraknya kasus pencabulan dalam beberapa minggu belakangan menjadi perhatian masyarakat Bangka Selatan (Basel), salah satunya Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Basel.

Ketua PDPM Basel, Ahmad Habibi menilai banyaknya kasus pencabulan salah satunya disebabkan oleh penipisan moral.

"Dengan terjadinya tindakan asusila ini, menandakan terjadinya degradasi moral artinya penipisan moral atau hilangnya nilai-nilai moral," ungkapnya, Jum'at (19/05). 

BACA JUGA:Sempat Kabur, Remaja Cabul Ini Diserahkan Orang Tuanya ke Polisi

Menurutnya harus ada upaya yang efektif dan siginifikan oleh Pemerintah untuk membendung degradasi moral. Struktur sosial yang rusak di tatanan masyarakat jika dibiarkan akan menjadi bumerang di kemudian hari.

"Percuma kita membangun banyak infrastruktur fisik tetapi kita lupa membangun infrastruktur moral dan pengembangan sumber daya manusia," ucap Wakil Ketua Karang Taruna Basel ini.

BACA JUGA:Cabuli Ibu Rumah Tangga, Pria 50 Tahun Jadi Bulan-bulanan Warga

Bukan hanya Pemerintah, para tokoh agama juga diminta terlibat dalam mencegah terjadinya hal serupa dengan memberikan pendidikan moral kerohanian.

"Dengan tujuan supaya pribadi spiritualistik masyarakat itu lebih kuat, sehingga membentengi dirinya untuk melakukan tindakan asusila yang diluar jangkauan kemanusiaan," terangnya.

BACA JUGA:Pantau Penanganan Kasus Pencabulan, Perwakilan Kemensos Kunjungi Polres Basel

Ditambahkan Habibie, pendidikan dari rumah juga memiliki peranan yang sangat penting dilakukan orang tua kepada anak-anaknya untuk memahami dan menghindari perbuatan asusila, memberikan edukasi kepada anak-anaknya, untuk memahami dampak dari tindakan asusila, serta wejangan terkait menghindari perbuatan asusila tersebut.

"Demikian juga pendidikan di sekolah sangat berpengaruh pada pemahaman anak-anak tentang usaha preventif prilaku asusila ini, maka pentingnya peran seorang guru di sekolah," tuturnya.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Kakak Cabuli Adik Tirinya

Selanjutnya, Aparat Penegak Hukum (APH) mulai dari Kepolisian maupun Kejaksaan diminta bertindak tegas, dengan memberikan efek jera yang besar kepada pelaku supaya tidak menjadi parasit yang nanti akan menjamur kepada pelaku-pelaku yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: