Tok! Nama Muntok Resmi Jadi Mentok

Tok! Nama Muntok Resmi Jadi Mentok

Paripurna DPRD Babar yang mengesahkan perubahan nama Kota Muntok menjadi Mentok.--Cahyo

BABELPOS.ID, MENTOK - Nama Muntok menjadi MENTOK resmi diubah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, setelah dilakukan pengesahan Raperda Hari Jadi Kota MENTOK pada paripurna yang digelar di Gedung Mahligai DPRD Babar, Jum'at (19/5/23).

Sahnya kata Muntok kembali ke Mentok sesuai UU No.5/2003 Pasal 10 Ayat 3 dan Kemendagri tahun 2022.

Bupati Bangka Barat, Sukirman mengatakan dengan telah ditetapkannya nama Muntok menjadi Mentok menjawab kegelisahan masyarakat.

"Membenarkan rasa - rasa kegundahan masyarakat kita kebanyakan karena Muntok kita dulu menyebutkannya Mentok. Sebenarnya tapi dulu sudah ditetapkan menjadi Muntok masih zaman kolonial Belanda," ungkap Bupati Sukirman usai paripurna.

BACA JUGA:Muntok Bakal Berubah Mentok, Ali Sebut Tunggu Hasil Perda

Perubahan tersebut, Sukirman menyebutkan atas kesepakatan bersama yang melibatkan usulan dari tokoh adat, kemudian budayawan.

"Hari ini kita pastikan bahwa dengan kesepakatan bersama atas usulan dari tokoh adat, kemudian budayawan hari ini kita bersama DPRD dan forkopimda menetapkan tulisan Muntok menjadi Mentok," ucapnya.

BACA JUGA:Ada Mentok Art Festival untuk Memeriahkan Hari Jadi Kota Mentok ke-288

Terkait administrasi seperti Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran yang masih menggunakan nama Muntok dapat disesuaikan.

"Untuk administrasi mulai sekarang, yang sudah terlanjur tidak masalah masih disesuaikan. Yang masa lalu sudah dianggap mentok, jadi Tetap lolos administrasi," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: