BPSDMP Kominfo Gelar Pelatihan Video Content Creator di Pangkalpinang

BPSDMP Kominfo Gelar Pelatihan Video Content Creator di Pangkalpinang

Pelatihan content creator yang digelar Kementerian Kominfo di AMIK Atma Luhur Pangkalpinang.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - BPSDMP Kominfo Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia kembali mengadakan pelatihan di Kota PANGKALPINANG Babel. Kali ini Pelatihan yang dilaksanakan dengan tema Video Content Creator yang berlangsung pada tanggal 16-17 Mei 2023 di ISB Atma Luhur PANGKALPINANG.

Pelatihan video content creator merupakan salah satu tema pelatihan yang ada dalam program Thematic Academy, salah satu kegiatan yang ada di dalam ranah Digital Talent Scholarship pelatihan video content creator ini bertujuan untuk membentuk keterampilan (skilling) angkatan kerja muda dalam bidang produksi video untuk berbagai tujuan komunikasi dan pemasaran melalui media digital, dan salah satunya guna mendukung pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. 

Sebanyak 80 peserta terpilih hadir mengikuti pelatihan, terdiri dari 2 kelas masing-masing 40 orang di kelas A dan kelas B. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi Pranata Humas, Diskominfo Pemprov. Kep. Babel Gelar Bimtek

Pada pelatihan ini diberikan materi-materi mencakup pembentukan keterampilan dalam tahap-tahap persiapan, produksi, dan pasca produksi video, termasuk publikasi video melalui media digital.

Selain itu juga disampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para kreator mengenai etika dan UU ITE.  

BACA JUGA:Diskominfo Basel Sosialisasikan Penerapan SDI Bagi Pengelola Data OPD

Menurut mentor Chandra Kirana dari ISB Atma Luhur dengan semakin majunya teknologi aplikasi di telepon selular, setiap orang bisa menjadi konten kreator.

"Tidak perlu menunggu  memiliki kamera profesional atau telepon selular yang mahal, kita bisa memulai untuk membuat konten," ujarnya.

BACA JUGA:Sinergitas Kemenkominfo dan Polri Berantas Gelombang Hoaks Jelang Pemilu 2024

Selain penyampaian materi di kelas, juga terdapat praktik yang dilakukan di luar kelas, seperti teknik mengambil gambar yang menarik dan merekam suara.

Pada akhir pelatihan peserta diberikan materi tentang pengeditan video hingga video tersebut dapat dipublikasikan di media sosial yang dimiliki oleh para peserta. (*)

BACA JUGA:Wujudkan Satu Data Indonesia, Diskominfo Prov Kep Babel Gelar Pembinaan Teknis Statistik Sektoral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: