MTQH Kecamatan Girimaya Dimulai, Bangun Generasi Qurani Mandiri

MTQH Kecamatan Girimaya Dimulai, Bangun Generasi Qurani Mandiri

Pemukulan gong pembukaan MTQH Kecamatan Girimaya.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) XXXI tingkat Kecamatan Girimaya dimulai, Senin (15/5/2023) malam. Ajang membentuk generasi qurani yang mandiri dan berakhlakul karimah ini dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan Kota Pangkalpinang, Ahmad Subekti ditandai pemukulan gong.

Camat Girimaya, Luthfi Darma Saputra mengatakan MTQH tingkat Kecamatan perdana dimulai di Kecamatan Girimaya. Setelah sempat vakum selama pandemi, tahun ini kembali terselenggara guna mencari wakil dari Kecamatan Girimaya bersaing di tingkat Kota Pangkalpinang. 

"Kecamatan kita yang pertama melaksanakan MTQH, hampir 2 tahun kita tidak ada MTQH dan yang pertama pasca pandemi. Pengalaman kami disini untuk berupaya semaksimal mungkin melakukan yang terbaik untuk peserta para qori-qoriah. Apa yang kami lakukan untuk menspesialkan mereka atas jerih payah mereka selama ini," ungkap Lutfhi didampingi Sekcam Girimaya, Tri Murti Miranda.

BACA JUGA:Lima Kafilah MTQH Kota Dapat Booster Bonus Sebelum Bertanding

Menurut Luthfi, kontingen Girimaya pada ajang tingkat Kota Pangkalpinang akan diwakili oleh juara peringkat 1 dan 2 masing-masing kategori. Dia berharap para peserta dapat menunjukkan penampilan maksimal mereka selama ajang berlangsung. 

"Yang menang peringkat 1 dan 2 disini akan dikirim menjadi peserta MTQH Kota Pangkalpinang sebagai kontingen kecamatan Girimaya. Harumkan nama Kecamatan Girimaya dan harumkan nama Kota Pangkalpinang, semoga ada perwakilan dari kita di tingkat Provinsi nanti dan dapat prestasi setingginya," ungkapnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Warga Girimaya Dapat Paket Beras

Berkaca dari tahun lalu, untuk bersaing d tingkat Kota pihaknya mengirimkan kontingen yang juara pada tahun 2021. Karena tidak terselenggara MTQH tingkat Kecamatan akibat pandemi. 

"Soal potensi pasti ada dari kita, dewan hakim lebih paham akan potensi dari Kecamatan Girimaya," tuturnya.

Ditambahkan Sekretaris Kecamatan Girimaya, Tri Murti Miranda MTQH dimaksudkan untuk mensyiarkan agama islam, ajang motivasi, meningkatkan penghayatan Al-quran, meningkatkan silaturahmi dan membumikan Alquran dan hadis ditengah masyarakat dengan menggunakan kegiatan yang lebih menarik. Sekaligus membentuk generasi Qurani yang mandiri dan berakhlakul karimah.

"Kita mengambil tema dengan semangat MTQH Kecamatan Girimaya jadikan Alquran sebagai sumber inspirasi pembangunan guna mewujudkan Kota Pangkalpinang kota beribu senyuman," sebutnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Warga Girimaya Dapat Paket Beras

Dalam ajang selama 3 hari ini, ada sebanyak 105 peserta yang berpartisipasi. Mereka mengikuti sejumlah kategori mulai dari tartil, tilawah, Qira'at Alquran, Hifzil Alquran, kaligrafi dan karya tulis ilmiah Alquran.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: