Tumor dan Kanker, Oh Ini Bedanya...

Tumor dan Kanker, Oh Ini Bedanya...

--

BABELPOS.ID.- Di tengah masyarakat, antara tumor dan kanker kadang disamakan.  Tumor ganas, itulah kanker.  Tumor jinak?  Tapi ingat, meski jinak, tetap penyakit.

Bedanya dimana?  Dari sifatnya.  Tumor ada 2, yaitu jinak atau ganas.  

Meski saling dikaitkan, ada beberapa perbedaan tumor dan kanker yang berarti akan berbeda dalam menanganinya.

Ada 4 perbedaan Tumor dan kanker:

1. Dari sifatnya

Tumor muncul ketika ada pertumbuhan sel secara berlebihan dalam suatu jaringan dan membentuk benjolan.  Bila sel-sel tersebut bersifat ganas dan pertumbuhannya tak terkendali, tumor yang terbentuk disebut tumor ganas atau kanker.

2. Dari bentuknya

Tumor biasanya memiliki tepian yang lebih halus, sedangkan kanker memiliki tepian yang tidak beraturan.

Kanker memang dapat berawal dari benjolan tumor. Namun, ada juga jenis kanker yang tidak berupa benjolan, seperti kanker darah (leukimia), kanker kelenjar getah bening (limfoma), dan kanker yang menyerang sel plasma di sumsum tulang (myeloma).

3. Dari perkembangan

Tumor cenderung berkembang lebih lambat. Sementara itu, kanker tumbuh secara cepat dan bahkan mengambil nutrisi dari sel yang sehat.

4. Dari kerusakan yang ditimbulkan

Tumor yang bersifat jinak tidak merusak sel dan jaringan sehat yang ada di sekitarnya dan tidak berisiko untuk menyebar ke jaringan atau bagian tubuh lain. 

Sebaliknya, tumor ganas atau kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan bisa merusak sel-sel sehat di sekitarnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: