Lowongan CPNS 2023, Khusus Digital!

Lowongan CPNS 2023, Khusus Digital!

Azwar Anas - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)- FOTO: Ilust babelpos.id-

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menegaskan, hingga sekarang belum mengumumkan jadawal tes CPNS dan belum ada data formasi apa saja yang akan diterima dalam pendaftaran CPNS 2023 itu.

Lantas kapan pengumumannya?

Belum ada jawaban pasti. Alasannya, pemerintah sedang dalam proses tahapan usulan kebutuhan formasi ke sejumlah instansi pemerintah.  Hanya hal yang perlu ditegaskan soal ini ini adalah: 

1) Pemerintah masih fokus pemenuhan tenaga kesehatan dan pendidikan, karena kedua formasi itu menjadi prioritas tahun 2023.

2) Untuk CPNS 2023, pemerintah akan memberi peluang untuk mereka yang bertalenta di bidang digital. Formasi untuk bidang digital seiring pula dengan transformasi digitalisasi yang kini difokuskan pemerintah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

3) Membuka peluang formasi untuk hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya.

4) Masih mempertimbangkan sejumlah variabel dalam menerima PNS. 

Terkait jadwal pendaftaran CPNS 2023, rencana awal memang dibuka pada Juni 2023, tak hanya CPNS namun juga PPPK di seluruh wilayah di Indonesia.

Dikatakan Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB, perekrutan CPNS dilakukan usai rekrutmen PPPK tenaga teknis tuntas pada Juni mendatang.

Sekarang soal-soal tes seleksi juga telah mulai disusun. Beberapa kementerian bahkan sudah selesai membuat soal-soal tes.

Diantara kementerian yang selesai membuat soal tes kata Alex yaitu Kemenkes dan BPK.

Selain itu, anggaran untuk keperluan seleksi kata Alex juga sudah dalam proses persiapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: