DPKP Belum Ditemukan Kasus Rabies di Babel

DPKP Belum Ditemukan Kasus Rabies di Babel

--

PANGKALPINANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bangka Belitung (Babel) mencatat, belum ditemukan kasus rabies di Babel. Atau dapat dikatakan masih bebas rabies.

"Alhamdulillah hingga saat ini, penyakit berbahaya yang dapat menular ke manusia itu tidak ditemukan pada hewan penular seperti anjing/kucing maupun hewan-hewan berdarah panas lainnya," kata Kepala DPKP Babel, Edi Romdhoni saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan Hewan dan Pemetaan Kasus Penyakit Hewan di Kantor DPKP Babel, Rabu (10/5).

Kendati pernah dicurigai, namun setelah diperiksa ternyata tidak mengarah ke rabies. “Pernah ada curiga-curiga (terhadap hewan penular rabies) gitu ya. (Terus) kita isolasi tapi tidak ada masalah (bukan rabies),” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi upaya dan kerja keras tim medik dalam mengantisipasi masuknya penyakit rabies di daerah ini. Ia berharap semangat dan kerja keras itu dapat terus dipertahankan agar penyakit mematikan itu tidak menular ke Negeri Serumpun Sebalai.

“Kota Palembang pernah datang ke sini ingin meniru. (Mereka mau) berdisuksi ke sini bagaimana upaya - upaya (menangani rabies). Kota Palembang itu pusing mikiran (rabies) ini,” terang Edi.

Ia juga meminta petugas terkait untuk terus mencari sumber penyakit hewan melalui pemetaan yang detail dan akurat. “Lebih mudah mendata dari pada kita menangani kasus. Menangani kasus itu lebih berat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: