Ini Gelar Bupati Mulkan dari Kesultanan Palembang Darussalam

Ini Gelar Bupati Mulkan dari Kesultanan Palembang Darussalam

Bupati Mulkan menyampaikan sambutan saat audiensi dengan DPD MAMBI Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan SH MH akan menerima gelar kebangsawanan "Drajah Paduka Sri Mahkota Palembang Darussalam (DSMP)", dari Kerajaan Melayu Nusantara, Kesultanan Palembang Darussalam.

Pemberi gelar kebangsawanan tersebut, akan dilakukan oleh Pangeran Suryo Vebri AL Lintani, atas nama Kesultanan Palembang Darussalam, di Kediaman Dinas Bupati Bangka Senin (15/5/2023).

"Selain pemberian gelar, juga akan dilakukan pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MAMBI) Kabupaten Bangka periode 2023-2027," ujar Ketua PD MAMBI Kabupaten Bangka, Bahrudin Bafa SH saat mengelar audensi dengan Bupati Bangka dan Rapat Teknis pelantikan di rumah dinas Bupati Bangka Rabu malam (10/5/2023).

BACA JUGA:Salat Idulfitri di Masjid Agung, Bupati Mulkan Ajak Bersyukur

Pemberian gelar kebangsawanan tersebut berdasarkan usulan dari Pengurus MAMBI Belitung kepada pihak Kesultanan Palembang Darussalam.

"Pak Bupati dinilai telah peduli dalam rangka ikut melestarikan terhadap kemajuan kebudayaan serta melakukan pembinaan dan pengembangan budaya Melayu di daerah ini, sehingga layak mendapat penghargaan kebangsawanan ini," katanya.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Berharap Tablig Akbar Masjid Al Ikhlas Pererat Silaturahmi

Menanggapi anugerah ini, Bupati Mulkan mengatakan dirinya tidak menyangka akan mendapat gelar kebangsawanan yakni DSMP dari Kerajaan Melayu Nusantara, Kesultanan Palembang Darussalam.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Kesultanan Palembang Darussalam dan Pengurus MAMBI Bangka Belitung atas apresiasi ini," ucapnya.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Serahkan Bansos untuk Masyarakat Belinyu dan Riau Silip

Mulkan mengajak Kepengurusan PD MAMBI Kabupaten Bangka yang telah terbentuk untuk bersama menjaga keberadaan aset budaya daerah terutama budaya Melayu yang ada di Kabupaten Bangka.

"Ini sebagai ciri khas daerah Kabupaten Bangka, jangan sampai tergerus oleh budaya asing nantinya," ingatnya.(*)

BACA JUGA:Silaturahmi dengan Terabas, Bupati Mulkan Minta Masukan Bangun Bangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: