Tahun 2022, BUMN Terima 2.700 Orang, Tahun 2023? Bagaimana Agar Diterima?

Tahun 2022, BUMN Terima 2.700 Orang,   Tahun 2023? Bagaimana Agar Diterima?

--

BABELPOS.ID.- Seperti sudah dilansir sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka peluang bagi para pencari kerja untuk bergabung bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 yang dimulai 11 Mei 2023 mendatang.

Belum diperoleh data berapa banyak tenaga kerja yang akan direkrut, serta BUMN mana saja yang akan melakukan perekrutan.

Hanya saja, bercermin dari RBB 2022, setidaknya saat itu ada  2.700 lowongan kerja untuk berbagai posisi yang ditawarkan, dan itu untuk di lebih dari 50-anl lebih BUMN.

Sekedar catatan, jumlah perusahaan BUMN menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sampai akhir 2021 ada 95 perusahaan.

Mayoritas atau 69 perusahaan BUMN berbentuk Perusahaan Perseroan (Persero), kemudian 14 perusahaan BUMN berbentuk Persero Terbuka (Persero Tbk), dan 12 perusahaan BUMN berbentuk Perusahaan Umum (Perum).

Berdasarkan lapangan usahanya, pada 2021 mayoritas BUMN bergerak di sektor industri pengolahan, yakni 28 perusahaan, diikuti BUMN sektor transportasi dan pergudangan sebanyak 16 perusahaan.

Seksinya Loker BUMN

Karena Lowongan kerja di BUMN ini cukup seksi, dapat ditebak nantinya jumlah pelamar bisa mencapai 3 kali lipat dari lowongan yang ada.

Menteri BUMN Erick Thohir kerap menyatakan bahwa program RBB merupakan bagian transformasi BUMN dalam bidang sumber daya manusia. Ia ingin memastikan perusahaan BUMN dapat menggaet talenta-talenta terbaik bangsa.

Bagaimanapun juga, sepertiga kekuatan ekonomi negeri ini ada di BUMN. 

Untuk itu, para pencaker yang berminat masuk ke BUMN harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin disertai perhitungan yang matang.

Satu hak yang perlu diingat oleh para Pencaker, adalah harus percaya diri dan jangan percaya dengan segala bentuk janji-janji oleh pihak-pihak yang memanfaatkan situasi.

Ingatlah dan ikuti: 

"Pembukaan dan registrasi online Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 menjadi 11 Mei 2023. Dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan lebih optimal," ujar akun Instagram @fhci.bumn, Jumat (5/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: