May Day di Babel Kondusif

May Day di Babel Kondusif

Peringatan Hari Buruh Internasional di Pangkalpinang--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Peringatan Hari Buruh Dunia atau May Day 2023 di Bangka Belitung (Babel), Senin (1/5) berlangsung kondusif, tak aksi ataupun demo turun ke jalan. Sebaliknya, hari buruh dimeriahkan dengan semarak hiburan dan pembagian doorprize.

Dimotori Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Babel, acara ini juga dihadiri Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra, Kapolresta Pangkalpinang hingga Kepala BINDA Babel.

Kendati tak turun ke jalan, para buruh ini tetap kritis akan kebijakan pemerintah yang dinilai belum bisa mesejahterakan buruh lewat kebijakannya. Hal ini terlihat dari orasi dari para punggawa SPSI di tiap kabupaten/kota.

Ketegasan para buruh ini salah satunya terkait terbitnya Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) Cipta Kerja. "Sampai detik ini, kami masih menolak Perppu Cipta Kerja," kata Ketua KSPSI Babel, Darusman di sela-sela acara.

Pihaknya menilai, Perppu belum bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi buruh. Bahkan sebaliknya, banyak hak buruh dihilangkan dalam Perppu tersebut. "Di Undang-undang lama saja banyak kurang lengkap, apalagi yang baru ini," tegasnya.

Secara nasional, kata Darusman, penolakan terus diteriakan oleh organisasi buruh, dan berharap di tahun politik ini ada keberpihakan kepada buruh yang berjuang mendapatkan kesejahteraannya.

"Perhatian memang pemerintah masih minim, mereka cenderung ke pengusaha. Tapi semoga di moment May Day ini pemerintah tergerak untuk memberikan perhatian terhadap buruh. Semoga Perppu ini dievaluasi dan dikembalikan ke Undang-undang sebelumnya," ungkap Darusman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: