DLH Tarik Kontainer Sampah di Pasar Pagi

DLH Tarik Kontainer Sampah di Pasar Pagi

--

PANGKALPINANG - Mulai Jumat (28/4/2023) sore kontainer sampah di Pasar Pagi Kota Pangkalpinang ditarik dari posisi semula. Hal ini dikarenakan peruntukannya tak lagi selaras dengan apa yang diharapkan. Pasalnya, masyarakat sekitar pun acapkali membuang sampah di lokasi tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Amir Laode. Kontainer sampah yang dikhususkan untuk sampah pasar ini tak lagi sesuai fungsinya.

"Bak penampung itu khusus sampah pasar, khusus masyarakat tidak akan dilayani. Jadi clear, tidak mengganggu jalan dan baunya tidak mengganggu masyarakat sekitar," ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat sekitar yang biasa membuang sampah di kontainer tersebut untuk dapat membuang sampah melalui Kelurahan setempat. Sampah mereka nantinya akan diangkut dengan mobil pink yang ada di tiap Kelurahan. 

"Silakan berkoordinasi dengan Kelurahan kalau belum langganan. Nanti sampahnya akan diangkut oleh mobil pink yang ada di Kelurahan," katanya.

Masyarakat cukup membayar sebesar Rp15 ribu perbulan untuk mengangkut sampah mereka melalui mobil pink Kelurahan. Sehingga ini lebih efektif dab kawan-kawan di kelurahan juga bisa bekerja untuk mengambil dirumah warga masing-masing.

"Mereka juga ambil di rumah warga yang masuk gang-gang. Pasti akan diambil karena operasi ini diketahui oleh Lurah masing-masing," tuturnya.

Sejauh ini, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan sudah dijaga oleh petugas kebersihan. Agar warga tak lagi membuang sampah di sekitar Pasar Pagi Pangkalpinang. 

"Petugas kita akan memberitahu jangan buang sampah lagi di lokasi itu, sampai benar-benar clear. Karena Pasar Pagi bukan tempat buang sampah," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: