Mikron: Banyak Minum, Menghindari Dehidrasi, Warga Babel Waspadalah

Mikron: Banyak Minum, Menghindari Dehidrasi, Warga Babel Waspadalah

Mikron Antariksa --

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa meminta agar warga daerah ini mewaspadai fenomena suhu panas yang melebihi dari biasanya yang terjadi sekarang ini.

"Kita berharap warga waspada terutama yang tengah beraktifitas di luar rumah, karena pengaruh sinar ultra violet bisa merusak kulit juga,'' ujarnya kepada Babel Pos, tadi malam.

Dikatakan, fenomena suhu panas sekarang ini yang tidak cuma melanda Indonesia tapi juga Asia, harus dihadapi dengan berebgai langkah antisipasi.  

''Termasuk perbanyak minum guna mengurangi resiko dehidrasi,'' imbuh Mikron lagi.

Seperti diketahui, hingga kemarin (25/4), hari terakhir cuti lebaran, di luar keluhan yang berurusan dengan kepentingan mudik dan arus balik, satu hal yang dikeluhkan warga adalah suhu yang panas menyengat.  

Beberapa pemilik mobil pribadi pun mengeluh seolah AC mobil masih 'kalah' dibuat suhu lingkungan sekitar yang terik.

Suhu panas yang dirasakan warga itu, tak hanya daerah tertentu.  Tapi hampir di semua wilayah Indonesia saat ini.  Dan itu ternyata diakui pihak BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG menyatakan, saat ini dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab suhu panas terutama di beberapa hari terakhir.  Dan fenomena yang sama itu juga sempat dirasakan warga ketika Puasa Ramadhan baru mulai 1-2 hari.

"Memang panas ekstrem melanda negara-negara Asia dalam sepekan terakhir,'' ujar Plt Deputi Bidang Klimatologi, Dodo Gunawan di Jakarta.

Dikatakannya, Indonesia tidak mengalami gelombang panas, namun suhu maksimum udara permukaan masih tergolong panas.

Pihak BMKG menyatakan, ada 5 penyebab suhu panas di Indonesia sepekan terakhir.  

Ditambahkan, Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan, suhu panas sekarang ini akan mencapai 36-37 derajat untuk di beberapa wilayah di Tanah Air.

Meski tinggi, namun suhu Indonesia tak akan mencapai gelombang panas seperti Bangladesh yang mencapai  51,2 derajat, India atau Thailand 44,6 derajat.

Kembali ke soal penyebab suhu panas itu adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: