Lebaran, Sampah di Bangka Melonjak

Lebaran, Sampah di Bangka Melonjak

Ismir Rahmaddinianto--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Perayaan  hari raya Idulfitri 1444 Hijiriah meninggalkan pekerjaan bagi petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, karena banyaknya produksi sampah.

Volume sampah di masa lebaran Idulfitri 1444 H/2023 M, melonjak di atas 50 persen dari hari biasanya. 

Jika biasanya sekitar 60 ton per hari, lebaran ini naik menjadi 100 ton pada masa lebaran.

BACA JUGA:HPSN 2023, Boy: Momentum Kelola Sampah Bernilai Ekonomi

Peningkatan volume sampah di moment lebaran ini berdasarkan rotasi pergerakan yang dilakukan petugas yang menangani sampah.

"Lonjakan sampah saat lebaran, mungkin tidak bisa diestimasi secara tepat, tetapi dengan segala pergerakan dan rotasi yang dilakukan petugas, diestimasi melonjak diatas 50 persen dari hari biasanya atau 100  ton," jelas ujar Kepala DLH Kabupaten Bangka, Ismir Rahmaddinianto, Selasa (25/4/2023).

BACA JUGA:Percantik Kota Sungailiat, DLH Bangka Sediakan 3 Kontainer Sampah, di Sini Tempatnya

Dikatakan Ismir, dengan melonjaknya volume sampah ini, DLH Bangka menerjunkan 105 petugas yang terbagi di dua kecamatan, Sungailiat dan Belinyu.

"Sudah termasuk sopir dan juga petugas kebersihan, dengan 8 armada dumtruk serta 3 amrol.

"Saat lebaran ini petugas stanby melakukan penyisiran baik di bak sampah maupun kontainier serta TPS-TPS liar sejak H-1 lebaran," terangnya.

BACA JUGA:Info untuk Warga Sungailiat! Ini Lokasi Kontainer Buang Sampah

"Petugas tidak libur. Untuk penanganan sampah hanya pada hari H mereka libur, sedangkan H+1 sudah mulai aktifitas penanganan sampah kembali dengan berbagi dua shif pagi dan sore,” tambahnya.

Sebelumnya, kata dia petugas melakukan pembersihan sampai malam, tapi terkendala kondisi akses ke TPA yang gelap dengan medan perjalanan butuh waktu setengah jam. "Jadi tidak bisa melakukan penanganan malam," katanya.(*)

BACA JUGA:Bak Sampah Sungailiat Dirobohkan, Warga Bingung, Ternyata Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: