Bandara Padat Pagi Hingga Siang, Tanjung Kalian Menunggu Puncak Mudik?

Bandara Padat Pagi Hingga Siang, Tanjung Kalian Menunggu Puncak Mudik?

--

DETIK-detik menuju puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar) mulai terlihat.  

Hanya saja, meskipun warga yang akan menyeberang terus berdatangan, namun kecepatan pelayanan dan durasi tunggu yang tidak lama menyebabkan belum terjadi penumpukan di Tanjung Kalian.

Hingga kemarin (18/4), sudah sebanyak 17.992 orang penumpang telah menyebrang melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok selama lima hari arus mudik lebaran 1444 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan General Manager ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir, Selasa (18/4/23).

Untuk kendaraan, Christopher menyebutkan pihak ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian sudah memberangkatkan sebanyak 3.014 unit.

"Semuanya tumbuh dibandingkan dengan tahun 2022, rata-rata naiknya 45 persen. Untuk kendaraan 3.014 unit dari tahun sebelumnya hanya 2.500 naik 18 persen," ucapnya.

Menghindari penumpukan pada puncak arus mudik lebaran, pihak  ASDP telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) setempat untuk mempersingkat durasi penyeberangan.

"Informasi dari BPTD jadi mereka tetap berkomitmen secepatnya mungkin menyeberangkan penumpang. Karena ada paling tertinggi itu pengguna jasa itu 12 jam, ini kondisinya lebih baik dibandingkan tahun lalu yang bisa 2 hari. Apalagi truk bisa 2 setengah hari," jelasnya. 

Sementara itu, dari Pantauan Harian Babel Pos hingga sore, situasi di Pelabuhan Tanjung Kalian belum terlihat kedapatan yang terlalu signifikan meskipun libur cuti bersama dan libur anak sekolah telah mulai. 

Sementara itu, Pengelola Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang menyebutkan, kepadatan penumpang arus mudik Lebaran 2013 di bandara itu terjadi pada pagi hingga siang sekitar pukul 09.00-14.00 WIB.

Pengelola bandara berupaya mengoptimalkan pelayanan guna mengatasi penumpukan calon penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Saat ini sudah terjadi penumpukan calon penumpang terutama pada jam-jam tertentu yaitu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mochammad Adiwiyatno.

Ia mengatakan untuk mengatasi penumpukan calon penumpang angkutan udara selama arus mudik lebaran tahun ini, Bandara Depati Amir Pangkalpinang tidak hanya mengoptimalkan pelayanan tetapi juga mengimbau para pemudik untuk check-in lebih awal guna menghindari antrian panjang pemudik di loket-loket maskapai penerbangan.

"Rotasi pesawat ini salah satu penyebab penumpukan signifikan penumpang di waktu tertentu, yaitu sekitar jam 9.00 WIB hingga jam 14.00 WIB," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: