Lakukan Hal Kecil dengan Cinta yang Besar

Lakukan Hal Kecil dengan Cinta yang Besar

--

Oleh Virsa Elsintha
Guru SMAN 1 Sungailiat

“Tidak semua orang dapat melakukan hal yang besar namun setiap orang dapat melakukan hal kecil dengan cinta yang besar.” (Bunda Theresa)

       SEBAGAI makhluk sosial kita sering kali bertemu dengan banyak orang yang terkadang menyebabkan terjadinya interaksi. Berbagai peristiwa yang terjadi terkadang mengharuskan kita berhubungan dengan orang lain.
    Interaksi bisa terjadi di mana saja dan dengan siapa saja. Apakah individu dengan individu, individu dengan kelompok ataukah kelompok dengan kelompok. Apakah dengan orang terdekat seperti keluarga, teman atau dengan siswa di lingkungan sekolah bahkan dengan masyarakat yang berada di luar lingkungan terdekat. 
    Interaksi bisa juga terjadi antara manusia dengan alam. Misalnya dengan keramahannya mentari pagi menyapa nelayan di pinggir pantai. Ketika petani turun ke sawah untuk menanam padi.
       Terkadang apa yang kita lakukan memang sengaja kita rencanakan namun bisa juga terjadi begitu saja karena kita hidup berputar di antara orang-orang.  Interaksi yang kita lalukan bisa berupa komunikasi seperti percakapan ataupun hal-hal tertentu yang kita lakukan berupa tindakan, misalnya antara pembeli dan penjual yang melakukan tawar menawar di pasar.
       Beberapa bentuk hubungan dengan orang lain yang sering terjadi biasanya kita lakukan dengan maksud tertentu dengan usaha yang besar untuk mencapai atau mewujudkan sesuatu hal yang telah kita rencanakan dan kita lakukan bersama dengan orang lain dimana telah ada kesepakatan tentang yang ingin kita capai.     Namun, tidak jarang juga terjadi tanpa kita rencanakan sebelumnya, terjadi secara tiba- tiba di keseharian kita. Misal ketika di jalan kita bertemu dengan orang lain bahkan yang tidak kita kenal sama sekali sebelumnya yang kemudian meminta bantuan untuk menunjukkan suatu tempat atau suatu informasi.
    Ketika kita bersedia menunjukkan alamat kepada orang tersebut tanpa kita sadari telah terjadi interaksi yakni berupa komunikasi antara kita dan orang yang membutuhkan informasi. Apa yang kita lakukan kepada orang tersebut mungkin adalah hal kecil namun saat kita melakukannya dengan hati yang tulus dengan rasa kepedulian kepada orang lain sesungguhnya kita telah menggunakan hati kita untuk kemanusiaan.
        Di saat lain dengan tidak menganganggap diri kita penting dan hebat, kita langsung saja menyapa dengan ramah seorang petugas kebersihan di suatu kantor, tanpa berfikir apakah orang tersebut harus dihormati atau tidak.
    Mungkin apa yang kita lakukan dengan menyapa petugas tersebut adalah seperti hal yang sederhana dan kita tidak berfikir bahwa itu adalah sesuatu perbuatan yang besar, namun bisa jadi keramahan yang kita tunjukkan akan menumbuhkan rasa positif dan kepercayaan diri. 
    Petugas kebersihan akan merasa keberadaannya dianggap dan diakui sehingga mempengaruhi semangat kerja bagi petugas kebersihan tersebut. Interaksi lain yang sering terjadi adalah antara siswa dengan guru di dalam kelas.
    Setiap hari guru menyampaikan pembelajaran kepada siswa di kelas. Dimana selama melaksanakan pembelajaran tidak jarang akan ditemui siswa yang membutuhkan perhatian. Alih-alih menghindari ataupun menghakimi siswa tersebut dan memberi label negatif sebagai siswa “bodoh” yang bisa mengikis rasa percaya diri siswa.
    Hal ini semestinya menjadi perhatian bagi guru bagaimana agar siswa tersebut bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.  Siswa yang kurang semangat dalam belajar tidak harus dibiarkan. Cobalah dekati siswa dengan rasa empati dan pemahaman bahwa setiap siswa memiliki latar belakang, kemampuan dan minat yang berbeda.  Serta hindari kata-kata merendahkan siswa karena sesungguhnya hal itu tidak membantu siswa.
    Dengan ketulusan dan rasa kasih seorang pendidik, guru bisa melakukan hal kecil, misalnya dengan mengajak siswa tersebut berbincang hal keseharian yang terasa ringan tapi menarik minat siswa.     Beri kesempatan kepada siswa tersebut untuk berbicara dengan nyaman. Ketika kita menunjukkan bahwa kita mendengarkan dengan minat apa yang diceritakan, di situ terjadi interaksi yang mungkin akan membuat siswa merasa kita hargai dan itu bisa jadi menumbuhkan semangat siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran dengan lebih nyaman karena merasa diperhatikan dan merasa masih ada yang perduli.  Berbicara dengan cara sederhana kepada siswa adalah salah satu hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu siswa melakukan perubahan dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
           Kemudian ketika seorang dokter dihadapkan pada kecemasan dari pasien, seorang dokter yang bijak akan melakukan pendekatan yang bisa membantu pasien. Sebelum memeriksa atau tindakan medis lainnya seorang dokter dapat melakukan hal kecil dengan memberikan senyuman ramah yang datang dari dalam hati saat menyapa pasiennya. Sikap sederhana ini akan memberikan rasa tenang, nyaman dan percaya pasien kepada dokter yang selanjutnya akan membantu dalam proses tidakan medis berikutnya.
       Setiap kita bisa melakukan banyak hal untuk kebaikan tanpa harus berfikir bahwa kita harus melakukan hal besar untuk orang lain. Kita juga dapat melakukan banyak hal-hal kecil untuk lingkungan kita. Misalnya dengan mendisiplinkan diri untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.
    Kita juga bisa membantu mengurangi dampak negatif dari semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kita sangat memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah memberikan dampak positif bagi kehidupan. Hal ini tentunya memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat bangsa dan negara. 
    Namun kita juga harus menyadari bahwa kemajuan tekhnologi juga memberikan dampak negatif di berbagai aspek kehidupan. Salah contoh adalah perkembangan di bidang industri makanan dan minuman yang banyak menghasilkan sampah plastik.  Penggunaan kantong plastik sehari-hari telah menjadi permasalahan dalam menjaga kualitas lingkungan. Timbunan sampah plastik akan berdampak pada kualitas air serta mengancam kualitas alam yang akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia.
           Permasalahan sampah plastik adalah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai warga dunia dan sudah seharusnya kita ikut berperan dalam mengurangi permasalahan ini. Ada banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk berperan dalam mengurangi sampah plastik.
    Kita bisa memulai dengan yang paling mudah untuk berkontribusi, yakni dengan mulai membiasakan membawa kantong belanja sendiri. Karena penggunaan kantong belanja adalah salah satu penyumbang sampah yang paling besar dalam permasalahan sampah. Kita juga bisa membawa botol minum sendiri saat ke sekolah atau saat bepergian sehingga kita tidak perlu membeli minuman dalam kemasan yang akan menghasilkan sampah.
    Kita bisa memulai dari sekarang dari diri kita sendiri dan dari lingkungan terdekat kita. Untuk kehidupan dengan kualitas lingkungan yang lebih bersih dan sehat.
           Sesungguhnya ada banyak momen–momen hebat dalam hidup kita yang terjadi karena hal-hal kecil yang kita lakukan untuk orang lain maupun untuk diri kita sendiri.  Apapun yang kita lakukan untuk orang lain akan memberi arti jika kita sertai dengan rasa cinta yang besar.
    Apakah untuk orang-orang yang kita kenal, untuk siswa di sekolah, untuk pasien kita ataupun untuk orang lain yang tidak kita kenal dan ini akan membuat hidup kita lebih berarti. Untuk itu penting bagi kita untuk berlatih empati dan memahami bahwa kebahagiaan orang lain bisa didapatkan dengan rasa cinta yang kita berikan.
    Apa yang kita lakukan untuk orang lain mungkin tidak diingat persis, tetapi orang-orang akan selalu ingat bagaimana kita membuat mereka merasa dihargai.  Teruslah melakukan hal-hal baik, tidak peduli sekecil apapun karena kita tidak pernah tahu kapan kita bisa melakukan moment itu lagi. Buatlah hidup kita menjadi lebih bermakna dengan melihat orang-orang di sekitar kita, ada begitu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orang-orang.
           Mungkin tidak semua dari kita bisa melakukan hal besar namun dengan dibungkus rasa cinta yang besar, hal kecil yang kita lakukan bisa menjadi sesuatu yang besar untuk orang lain. Mari kita menjalani hidup dengan terus menebarkan cinta kasih dimanapun dan kapanpun.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: