Angin Kencang Sabtu Sore, Puluhan Rumah Rusak, Pohon Bertumbangan

Angin Kencang Sabtu Sore, Puluhan Rumah Rusak, Pohon Bertumbangan

Evakuasi pohon tumbang akibat angin kencang di kawasan perkantoran Pemkab Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Angin kencang yang melanda banyak daerah di Kabupaten Bangka, Sabtu (15/4) sore berdampak pada banyak rumah warga.

Setidaknya puluhan rumah warga rusak berat dan ringan. Banyak pohon dilaporkan bertumbanngan

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka mencatat, puluhan rumah warga rusak ringan dan berat.

"Puluhan rumah warga rusak akibat tiupan angin kencang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan seperti di Kecamatan, Mendo Barat, Di Desa Cit Riau Silip, Kecamatan Pemali dan Kecamatan Sungailiat," kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Ridwan dalam keterangan, Sabtu (15/4).

BACA JUGA:Dua Rumah Warga Rukam Terdampak Angin Kencang

Dijelaskannya Ridwan, data terdampak  angin kencang yang disertai hujan deras BPBD mencatat, di Desa Cit Riau Silip delapan rumah rusak kategori ringan dan berat. Di Kecamatan Mendo Barat tercatat dua rumah, di Desa Sempan Pemali satu unit rumah rusak ringan. Satu rumah warga di Kecamatan Merawang mengalami kerusakan akibat tersambar petir.

Di Kecamatan Sungailiat satu rumah warga di Lingkungan Limbang Jaya tertimpa pohon tumpang serta sembilan unit tenda Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan gedung juang roboh.

Kerusakan rumah warga terdampak angin kencang sebagian besar pada bagian atap rumah yang lepas.

Ditaksir musibah yang merusak puluhan rumah warga dan tenda UMKM mencapai jutaan rupiah. 

BACA JUGA:Angin Kencang Sapu Sungailiat & Belinyu, Ini Dampaknya

Diingatkan seluruh masyarakat tetap mewaspadai potensi bencana alam karena diprediksi angin kencang dan hujan deras masih akan terjadi.

"Jika terdapat warga yang mengalami musibah, saya minta segera melapor ke pemerintah desa dan kelurahan setempat atau langsung menghubungi petugas piket unit reaksi cepat BPBD yang disiagakan 24 jam," imbau Ridwan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: