Antrian di Tanjung Kalian Mulai Padat, Puncak Arus Mudik Diprediksi Rabu 19 April 2023

Antrian di Tanjung Kalian Mulai Padat, Puncak Arus Mudik Diprediksi Rabu 19 April 2023

Kendaraan yang antrian di pelabuhan penyebrangan Tanjung Kalian--

MUNTOK, BABELPOS.ID - Meskipun kemarin (15/4) lonjakan antrian penumpang dan kendaraan mulai padat di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar), namun perkiraan lonjakan justru akan terjadi Rabu (19/4) mendatang.

"Dari kemarin itu sudah terjadi lonjakan antrean, di mana untuk penumpang naik 53 persen. Kalau kendaran pribadi sudah naik 45 persen dari tahun 2022 lalu," ungkap General Manager (GM) PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Christopher Samosir.

Lonjakann sekarang ini menurutnya tak lebih karena pemudik memilih berangkat lebih awal.

Sementara itu, H-7 menjelang hari Raya Idul Fitri 1444, ratusan kendaraan yang hendak menyebrang melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok telah memadati area buffer zone yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (15/4/23).

Dari data ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian kendaraan yang berada di Buffer Zone kurang lebih ada sekitar 122 kendaraan pribadi disertai penumpangnya, Truk ada 35 unit, sedangkan di dalam pelabuhan ada 60 sampai 80 kendaran.

Christopher membeberkan dalam tiga hari terakhir pihaknya telah menyebrang 7.400 penumpang itu sudah kendaran dan pejalan kaki. 

"Kalau kendaraan ada 1.378 itu sudah dihitung sama motor. Tapi kalau kendaraan truk dan bus sebanyak 1.050. Saat ini status pelabuhan padat karena Buffer Zone 1 sudah terisi," jelasnya.

Meskipun arus pemudik telah mulai memadati Pelabuhan, Wabup Bangka Barat, Bong Ming Ming mengungkapkan, pemerintah provinsi hingga saat ini belum terlihat akan membantu.  

Dikatakannya, hingga saat ini Pemerintah Provinsi baru membangun posko di area buffer zone, namun tidak ada koordinasi antara Pemerintah Kabupaten.

"Sampai hari ini kita melihat mereka baru membangun posko, namun tidak ada koordinasi dengan kita. Kita ga tau karena mereka tidak melakukan komunikasi. Mungkin besok mereka baru berkomunikasi," ujar Bong Ming Ming. 

Bong Ming Ming berharap ada bantuan lainnya dari pemerintah provinsi terkait dengan pelayanan arus mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian tahun ini.

Tambah Jadwal Penyeberangan

Lebih jauh, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Pelabuhan Tanjungkalian, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menambah jumlah penyeberangan kapal feri untuk pelayanan arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pada Jumat (14/4) kami sudah melakukan penambahan jadwal penyeberangan menjadi 10 trip dari sembilan trip kapal feri reguler dari Pelabuhan Tanjungkalian Mentok menuju Tanjungapi-api Sumatera Selatan, untuk hari ini (kemarin siang.red) belum direkapitulasi karena masih berlangsung dan menyesuaikan kebutuhan di lapangan," kata  Samosir lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: