Puncak di Tanjungpadan Prediksi H-3 Idul Fitri

Puncak di Tanjungpadan Prediksi H-3 Idul Fitri

--

BELITUNG, BABELPOS.ID - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksi puncak arus mudik di pelabuhan setempat akan berlangsung pada, Rabu (19/4) atau H-3 Idul Fitri Hijriah.

"Kami memprediksi puncak arus Mudik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada H-3 Idul Fitri nanti," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, pada hari tersebut ratusan pemudik diprediksi akan melewati pelabuhan Tanjung Pandan baik menuju Jakarta maupun Pangkal Pinang.

Dikatakan dia, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak operator kapal pada, Jumat (14/5) atau H-7 Idul Fitri dan Sabtu (15/4) atau H-6 Idul Fitri belum terjadi peningkatan jumlah pemudik di pelabuhan Tanjung Pandan.

"Sementara ini belum terlihat adanya penumpukan atau peningkatan pemudik yang cukup signifikan," ujarnya.

Dikatakan dia, para pemudik diperkirakan akan melakukan perjalanan mudik pada H-3 Idul Fitri dan H-2 Idul Fitri.

"Karena bertepatan dengan masa libur kerja dan sekolah, jadi mungkin itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik," katanya.

Arus mudik Lebaran 2023 di pelabuhan Tanjung Pandan dilayani oleh empat kapal yakni KM Sawita, KM Salvia, KM Srikandi Line, dan Express Bahari 3 E.

Hengki menambahkan, pihaknya telah membentuk Posko Angkutan Lebaran 2023 di daerah itu yang melibatkan instansi terkait di sektor pelabuhan.

Ia mengimbau, agar para pemudik di daerah itu tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan mudik.

"Segala persiapan perbekalan untuk mudik harus diperhatikan, kondisi badan prima termasuk kebutuhan untuk mudik dan juga menjaga kesehatan walaupun sekarang PPKM sudah dicabut," ujarnya.

Di sisi lain, Kapal cepat Express Bahari 3 E memberangkatkan sebanyak 128 pemudik dari pelabuhan Tanjung Pandan di Belitung menuju pelabuhan Pangkal Balam di Kota Pangkal Pinang, Sabtu (15/4) pagi.

"Jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E hari ini tercatat sebanyak 128 penumpang," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, para penumpang kapal cepat tersebut mayoritas terdiri dari pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijiriah baik tujuan Bangka maupun Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: