Malaikat pun mendoakan kita

Malaikat pun mendoakan kita

Rio Setiady-FOTO: ist/Ilust-

ALLAH SWT berfirman, Sebenarnya (malaikat malaikat itu) adalah hambahamba yang dimuliakan, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintahperintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan syafaat melainkan kepada orangorang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhatihati karena takut kepada-Nya.

Tentu Allah Yang Maha Tahu dari doa yang manakah yang diijabah Allah SWT. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita meminta didoakan oleh setiap orang sholeh ataupun orang yang kita kenal kedekatannya kepada Allah SWT. Lantas bagaimanakah jika para malaikat , hamba yang dimuliakan itu mendoakan kita? Inilah bebrapa golongan orangorang yang didoakan oleh para malaikat;

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci (hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2. Orang yang duduk menunggu waktu shalat

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu datangnya waktu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia (Shahih Muslim no. 469)

3. Orang orang yang berada di shaf bagian depan di dalam shalat

Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra bin Azib ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orangorang) yang berada pada shaf -shaf terdepan.

4. Orangorang yang menyambung shaf (tidak membiarkan sebuah kekosongan di dalm shaf)

Para Imam yaitu Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orangorang yang menyambung shafshaf.

5. Para malaikat mengucapkan Amin ketika seorang Imam selesai membaca Al Fatihah

Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda, Jika seorang Imam membaca ghairil maghdhuubi alaihim waladh dhaalinn, maka ucapkanlah oleh kalian aamiin, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.

Semoga kita semua termasuk menjadi salah satu hamba yang selalu didoakan oleh para malaikat titik di akhir pekan Ramadhan ini marilah kita tingkatkan amal ibadah kita untuk meraih pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala. Aamiin..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: