Kas Pemprov Babel di BRI, Ini Kata Wakil Ketua Komisi II

Kas Pemprov Babel di BRI, Ini Kata Wakil Ketua Komisi II

Ranto Sendhu--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Komisi II DPRD Bangka Belitung (Babel) menyatakan, sangat mendukung pemindahan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang tertuang dalam Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/95/BAKUDA/2023. 

Penunjukan kantor cabang PT BRI Tbk Pangkalpinang sebagai sebagai Bank Operasional Kas Umum Pemprov Babel pun dinilai kebijakan yang sangat tepat, mengingat bank BUMN ini punya pelayanan yang baik. Komisi II DPRD sendiri sudah berkoordinasi dengan Pemprov dalam hal ini Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel dan Bank BRI

"Kami sangat mendukung dan berterima kasih, karena hal ini sangat berkaitan dengan upaya Pemprov Babek untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) dan meningkatkan pelayanan jauh lebih baik dari sebelumnya," ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Babel, Ranto Sendhu, Sabtu (8/4). 

BACA JUGA:Pj Gubernur Kep Babel Lakukan Audiensi dengan Bank BRI dan Ditjen Perbendaharaan Babel

Peralihan RKUD Pemprov Babel dari Bank SumselBabel ke BRI sendiri, menurut Ranto, tak lepas dari inovasi Pemprov Babel untuk menyelematkan PAD ketika pemerintah pusat pelan-pelan mengurangi bantuannya kepada daerah baik itu Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU) serta dana transfer lainnya. 

Di samping itu, lanjut politisi Partai Demokrat ini, pelayanan Bank BRI diyakininya dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat. Khususnya membantu layanan Pemprov dalam hal ini UPTD Samsat melayani masyarakat untuk membayar pajak. 

"Bukan kami bermaksud menjatuhkan bank yang lama, tapi memang banyak aduan masyarakat terkait layanan. Dan yang kami kecewakan, kami tidak mendapat respon yang baik dan cepat. Banyak kendala-kendala yang diadukan masyarakat maupun ASN seperti ATM yang rusak, tak tersedianya uang di saat dibutuhkan," sesalnya. 

"Jd kami rasa pilihan Pemprov untuk memindahkan RKUD di Bank BRI ini sudah sangat tepat sekali. Ini perlu kita dukung juga dengan data-data yang ada. Baik dari segi pendapatan maupun pelayanan, kami melihat BRI sebagai bank BUMN itu sangat membantu kita dalam pembangunan Babel. Insya Allah kami dari Komisi II mendukung Pemprov untuk menggunakan jasa perbankannya BRI," tegas legislator dapil Kabupaten Bangka ini. 

BACA JUGA:Pemindahan Kas Daerah dari BSB ke BRI, Politisi Golkar: Tidak Etis! Ada Apa?

Apalagi, berdasarkan informasi yang diterimanya, bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Bank BRI sudah menandatangani MoU dan lauching pelaksanaan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang tentunya sangat membantu daerah.

"SIPD ini adalah inovasi yang sangat bagus yang digagas Kemendagri dalam rangka peningkatan pengelolaan hubungan daerah yang kredibel dan akutabel," imbuhnya.(*)

BACA JUGA:ASN/PPPK/Honorer Pemrov Diminta Buat Rekening BRI, Haris: Pindah Rekening ini Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: