Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Ini yang Dilakukan Dishub

Rapat persiapan arus mudik yang digelar Dishub Babel.--Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mendirikan empat) posko arus mudik Lebaran/Idul Fitri 1444 Hijriah yang ditempatkan di bandara dan pelabuhan.

Kepala Dishub Babel, Asban Aris menjelaskan keempat Posko Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 yang disiapkan yaitu Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Pelabuhan Tukak Sadai Bangka Selatan, Pangkalbalam Pangkalpinang, dan Bandara Depati Amir Pangkapinang.

Kegiatan posko mudik ini akan mulai digencarkan pada H-7 lebaran, maka Asban memperkirakan arus puncak mudik Lebaran di mulai dari 15 April sampai 3 Mei 2023 dengan rata-rata pertumbuhan 19,52 persen penumpang dan 14,62 persen kendaraan roda dua.

"Personil yang akan ditempatkan dalam posko sekitar 20 personil di masing-masing titik posko yang akan didirikan tersebut beserta pihak Dishub kabupaten/kota dan instansi terkait lainnya," jelasnya, Kamis (6/4).

BACA JUGA:Pemprov Kep. Babel Bakal Dukung Kelancaran Arus Mudik Lebaran di Pulau Belitung

Kemudian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk penerangan jalan Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah VII Sumsel Babel telah melakukan pemasangan lampu jalan di ruas jalan menuju Pelabuhan Tanjung Kalian agar masyarakat yang akan melakukan mudik atau antrean kendaraan tidak gelap di ruas jalan tersebut.

Di sektor transportasi udara, ungkap Asban, Dishub Babel sudah berkoordinasi dengan pihak bandara yang ada di bandara HAS Hananjoedin Belitung maupun Depati Amir Bangka agar kelancaran dan keamanan mudik pada moda transportasi udara dapat berjalan dengan baik.

"Kami berharap arus mudik lebaran 2023 ini dapat berjalan aman dan lancar tetapi pemudik dapat mematuhi protokol kesehatan saat melakukan mudik lebaran," ungkapnya.(*)

BACA JUGA:Mudik Tak Perlu Khawatir, BPJS Kesehatan Siap Layani Peserta Luar Domisili

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: