Pelaku UMKM Asah Digital Marketing, Caranya...

Pelaku UMKM Asah Digital Marketing, Caranya...

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Di Era yang serba digital, penggunaan teknologi sudah menjadi keharusan. Untuk itu, UMKM perlu meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam menggunakan teknologi digital dalam memasarkan produknya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bangka Belitung (Babel) Yulizar Adnan, mengatakan bahwa pemerintah mendorong agar pemasaran bisnis UMKM bisa semakin luas melalui digital marketing. Salah satunya melalui pelatihan digital marketing yang dilaksanakan UPT Balatkop UMKM. 

"Pelatihan digital marketing ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Karena UMKM akan memahami strategi dan teknik digital marketing yang dapat diterapkan pada usahanya," katanya saat membuka pelatihan digital marketing angkatan II via zoom meeting, Selasa (4/4).

Pelatihan ini akan berlangsung hingga tanggal 6 April 2023 dan diikuti sebanyak 60 pelaku UKM serta menghadirkan pembicara dari Indo Eximpro Jakarta. Kadis berharap melalui pelatihan ini, para UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam mengelola dan memasarkan produk secara digital. "Semoga setelah pelatihan ini, UMKM dapat memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan produknya," harap kadis.

Sementara Narsumber dari Indo Eximpro, Shafira Adina mengatakan digital marketing merupakan metode pemasaran menggunakan teknologi dan sosial media. Dengan digital marketing memungkinkan bisnis menjangkau audien yang lebih besar, melacak kinerja, dan menyesuaikan pesan serta tetap up to date dengan trend terbaru untuk tetap kompetitif. "Digital marketing yakni memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk memasarkan produk kita agar bisa menjangkau semakin banyak konsumen," katanya.

Penggunaan teknologi dan internet menjadi suatu keharusan bagi UMKM. Mengingat teknologi dan internet menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pada tahun 2022, tercatat sebanyak 4,95 miliar orang yang menggunakan internet, dan 4,62 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia.  "Miliaran orang menggunakan internet dan media sosial. Artinya ini jadi peluang bagi UMKM untuk memperluas pasar melalui digital marketing," ujarnya.

Ditambahkannya, digital marketing memberikan banyak keuntungan. Selain jangkauan konsumen yang lebih luas, melalui digital marketing biayanya juga relatif lebih murah, sasaran target yang lebih detail dan efektifitas promosi yang mudah diikur serta ada interaksi langsung dengan konsumen.

Untuk melakukan digital marketing dengan baik, ada beberapa strategi yang harus dilakukan UMKM. Strategi-strategi tersebut yakni melakukan riset pasar dan menuliskan kelebihan produk atau layanan, menentukan target pasar, memahami psikologi konsumen dan menghitung dana serta menentukan media mana yang paling efektif digunakan.

"UMKM harus tau apa keunggulan dari produknya, siapa pasarnya. Lakukan riset pasar, pahami psikologi dan tingkah laku konsumen serta pilihlah media yang tepat untuk mempromosikan produknya sehingga dapat meningkatkan penjualan produknya," ujarnya.(jua/rel) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: