Langkah UMKM di Ramadan, Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Langkah UMKM di Ramadan, Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Yulizar Adnan - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Diskop UKM) Babel--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Sebanyak 60 pelaku UMKM  Pangkalpinang meramaikan "Semarak UMKM Ramadan" guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bazar ini bertempat di Taman Wilhelmina Pangkalpinang ini diikuti oleh UMKM yang menjadi anggota komunitas UMKM di Babel dan merupakan UMKM yang menjual aneka makanan untuk buka puasa, hingga kebutuhan Lebaran. "Kami berharap Semarak UMKM ini dapat meningkatkan perekonomian dan daya beli masyarakat selama bulan Ramadan ini," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Diskop UKM) Babel, Yulizar Adnan, kemarin.

Kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi dengan berbagai pihak seperti DJPb Babel, Disperindagkop UKM Pangkalpinang, DLHK Pangkalpinang, Bank Sumsel Babel, BRI, VIZ, dan berbagai komunitas. "Tujuannya menumbuhkan semangat kewirausahaan pelaku umkm dan guna menjalin kemitraan yang lebih luas," tambahnya.

Ia menyebutkan, Semarak UMKM Ramadan akan berlangsung dari 31 Maret sampai dengan 12 April 2023. "Setiap harinya kegiatan Semarak UMKM akan di mulai dari pukul 13.00 WIB hingga setelah berbuka puasa. Jadi selama 12 hari masyarakat bisa mencari berbagai produk UMKM untuk menyambut Lebaran Idul Fitri," sebutnya.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para pelaku usaha UMKM akan dimudahkan dalam berjualan produk-produknya. "Apalagi waktu Ramadhan ini banyak yang berjualan takjil, semoga bisa laris manis dan pendapatan UMKM pun meningkat," katanya.

Tak hanya pada kegiatan ini, guna mendukung promosi produk UMKM, pihaknya juga akan melakukan beberapa program lain untuk pengembangan usaha kecil menengah, diantaranya lewat program jemput pelanggan spesial event (Jalan Seven).  "Jadi nanti, setiap ada event baik itu nasional ataupun daerah, kita akan menampilkan para UMKM dengan meyiapkan stan-stan. Itu agar produk UMKM bisa tampil pada setiap kegiatan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: