Lima Tempat Makan di Toboali Ini Bakal Dipasang Tapping Box

Lima Tempat Makan di Toboali Ini Bakal Dipasang Tapping Box

Susanti --

BABELPOS.ID, TOBOALI - Untuk meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD), Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Badan Keuangan Daerah (Bakuda) berencana akan memasang tapping box di Kota Toboali.

Pemasangan tapping box sudah direncanakan sejak tahun 2021 sesuai dengan Perbup Basel yang dibuat pada tahun 2021, namun terkendala karena pandemi Covid-19.

Selain itu, tahun ini Pemkab Basel sudah mendapatkan evaluasi dari MCP Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar bisa menambah PAD dari sektor pajak.

Kepala Bakuda Basel Agus Pratomo melalui Kepala Bidang Pajak Daerah Susanti menyampaikan, tahun 2023 ini pihaknya akan memasang 5 tapping di lima titik di Kota Toboali.

"Kita sudah melakukan sosialisasi kepada para pengusaha restoran, hotel, maupun cafe," ujarnya, Kamis (30/03).

Para Pemilik usaha yang akan dipasang tapping box menyambut baik pemasangan alat tersebut khususnya untuk menambah PAD Bangka Selatan. 

"Dari hasil pendataan ada beberapa usaha tempat usaha kita pastikan akan dipasang tapping box, seperti Rutop, Kopi Kite, Lesehan Green, Warjo, Cafe Yang Yang serta hotel," tuturnya.

Dijelaskan Susanti, pemasangan baru dilakukan tahun 2023 karena beberapa tahun terakhir masyarakat dan pemilik usaha masih terdampak Covid 19.

"Masyarakat Basel rata-rata penghasilannya dari timah yang berdampak pada kondisi penjualan penjual mengalami penurunan, maka Bakuda Basel belum melakukan pemasangan tapping box ke beberapa tempat atau sektor pajak yang dibebaskan," ungkapnya.

Untuk pemasangan tapping box ini Bakuda Basel akan berkoordinasi dengan Bank Sumsel Babel Cabang Toboali dan para pemilik usaha.

"Untuk Bank Sumsel sendiri minta estimasi berapa pendapatan tempat usaha itu tanpa adanya tapping box dan setelah ada tapping box hasilnya berapa," imbuhnya.

"Selain itu kita juga butuh perjanjian antara pemilik usaha, bank, dan pemda, mengingat perawatan biaya alat taping box juga lumayan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: