Kebutuhan Bapok Stabil, Masyarakat Jangan Panik

Kebutuhan Bapok Stabil, Masyarakat Jangan Panik

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) ikut turun memantau kebutuhan pangan pokok  Babel selama puasa, dan menjelang lebaran nanti.

Turun bersama dengan Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra, Kepala DPKP Babel Edi Romdhoni memastikan jumlah kebutuhan pokok tersebut dalam posisi aman. Baik dari ketersediaan stok yang cukup hingga beberapa bulan ke depan termasuk menjelang hari raya dan pasca idul fitri mendatang.

Selain ketersediaan, Edi juga memastikan harga jual kebutuhan pokok masih pada angka yang normal. Sejumlah harga pangan yang dijual pedagang disebutnya tidak ada lonjakan harga hingga masuk pekan kedua puasa. Pasar Pagi Pangkalpinang menjadi lokasi pemantauan ketersediaan dan harga pangan pokok, Rabu (29/3).

Terkait harga Edi menerangkan juga masih stabil. Menurutnya tidak ada kenaikan harga sembako yang berlebihan hingga memasuki pekan kedua puasa ramadhan.“Masih normal kalau harga,” terangnya.

Karena itu, Edi minta masyarakat tidak panik. Ia juga mengingatkan konsumen untuk membeli barang sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan apalagi melakukan penimbunan.“Jadi santai saja karena (stok) tetap ada,” pintanya. Sebelumnya, Kapolda Babel Irjen Pol Drs Yan Sultra menyebutkan kebutuhan pokok masih dalam harga yang wajar dan normal di tingkat pedagang. “Saya tanya pedagang satu persatu, ya itu masih normal,” kata kapolda.

Sementara itu sejumlah pedagang di Pasar Pagi Pangkalpinang memang mengakui tidak ada kenaikan harga barang pokok yang mereka jual ke konsumen. Mansur penjual daging sapi misalnya mengatakan harga daging yang ia jajakan masih Rp 140 ribu per kilogram.

Harga daging sapi yang dijual Mansur sama persis dengan data harga komoditas peternakan yang dirilis Petugas Informasi Pasar Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Babel, Septian Eka Pratama SPt sebesar Rp 140 ribu per kilogram. Sedangkan untuk daging ayam harganya bervariasi. “Harga ayam brolier bulat Rp 25 ribu hingga Rp 27 ribu per kilogram, karkas ayam broiler Rp 30 ribu per kilogram hingga Rp 32 ribu per kilogram. Sementara harga telur ayam Rp1.800 per butir,” kata Septian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: