PT Timah Tbk Serahkan Bantuan Penataan TPU di Dusun Air Abik

PT Timah Tbk Serahkan Bantuan Penataan TPU di Dusun Air Abik

--

BANGKA - Untuk memudahkan warga Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kabupaten Belinyu dalam menggelar pemakaman warga, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan penataan tempat pemakaman umum (TPU) di dusun tersebut.

Kepala Dusun Air Abik, Apriyanto, mengatakan, pihaknya berinisiatif membuat kuburan karena sempat mengalami kendala ketika salah satu warganya meninggal dunia. Ini karena TPU di dusun mereka cukup jauh.

“TPU ini baru kita bangun tahun 2022, tapi sebelumnya ada pemakaman di sini. Karena dulu ada Gebong pertama, dan di sana juga dikuburkan penghuninya, ada tiga kuburan di sana,” ujarnya.

Dia mengatakan pemakaman umum yang baru dibangun adalah tempat pemakaman bagi umat Islam. Sebelumnya, di dusun ini sudah ada kuburan tetapi itu adalah kuburan tradisional. Sedangkan untuk warga muslim, kuburan hanya ada di Desa Gunung Muda yang jaraknya cukup jauh.

“Untuk TPU sendiri, warga sudah bisa pakai, dan warga sudah kita kuburkan di TPU. Kemudian kita tidak perlu jauh-jauh untuk memakamkan warga. Sebab, sebelumnya harus ada pemakaman di Desa Gunung Muda. , dan itu cukup jauh,” kata Apriyanto.

Ia berterima kasih atas bantuan dari PT Timah Tbk karena dengan bantuan tersebut mereka dapat melakukan penataan terhadap TPU yang akan dibangun.

“Luas TPU ini kurang lebih 2 hektar, dan insya Allah akan kita buat pagar pembatas, agar terlindung dari binatang buas misalnya, dan yang jelas lebih tertata tentunya,” dia berkata.

Selain melakukan penataan, dengan bantuan PT Timah Tbk, pihaknya juga berencana memagari kawasan ini dan membangun rumah singgah untuk menyimpan perlengkapan pemakaman.

“Dengan adanya bantuan ini tentunya kita bisa bergerak untuk mengerjakan TPU ini, karena mohon dimaklumi jika menggunakan dana swadaya kita tidak tahu kapan bisa selesai,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: