Total 85 Miliar, 29 Proyek Prioritas Basel Dapat Pendampingan Jaksa

Total 85 Miliar, 29 Proyek Prioritas Basel Dapat Pendampingan Jaksa

Rakor pendampingan proyek strategis Pemkab Basel dengan Kejari.--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan dan Pendampingan Proyek Strategis (PPS) tahun 2023.

Dalam Rakor ini pihak Pemkab Basel menggandeng Kejaksaan Negeri Bangka Selatan (Kejari Basel) sebagai pendamping kegiatan pengerjaan proyek.

Rakor diikuti oleh Kasi Intelijen Kejari Basel, Kasi Datun Kejari Basel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pejabat di lingkungan Pemkab Basel.

Sekretaris Daerah (Sekda) Basel Eddy Supriadi mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pengamanan dan PPS tahun 2023 yang akan dilakukan oleh pihak Kejari Basel, ada beberapa point penting yang harus disampaikan.

"Pengerjaan proyek-proyek atau tender harus adanya pendampingan hukum, maka dari itu kita di sini bekerjasama dengan pihak Kejari Basel untuk pendampingannya," ungkapnya, Senin (27/03).

Adanya kerjasama dengan pihak Kejari Basel terkait kegiatan yang dikategorikan PPS, LA atau LO meminimalisir segala resiko yang akan dihadapi dalam pengerjaan proyek agar sesuai dengan kualitas yang sudah direncanakan sejak awal dan pengerjaannya sesuai.

"Sudah saya sampaikan ke kepala OPD-OPD diingkungan Pemkab Basel, dimana dalam pengerjaan proyek-proyek atau tender harus adanya pendampingan hukum," tuturnya.

Dikatakan Sekda, tidak semua proyek dilakukan PPS, LA, LO oleh Kejari Basel, tetapi hanya ada beberapa kegiatan. Untuk PPS ada 15 proyek dan 14 LA.

"Jadi tender yang dikerjakan dengan pendampingan oleh Kejari Basel ditahun 2023 ini sejumlah Rp 85 miliar," terangnya.

Lebih lanjut Dijelaskannya, pendampingan perlu diakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, agar proyek dikerjakan sesuai aturan yang berlaku.

"Proyek atau tender yang akan dikerjakan PPS, LA, LO ini nanti berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) maupun anggaran lainnya," pungkas Sekda.

Sementara itu, Kepala Kejari Basel Riama Br Sihite melalui Kasi Intelijen Kejari Michael Yandi Panghutan Tampubolon menyampaikan, pendampingan proyek yang diajukan Pemkab Basel ada 50 paket pekerjaaan. 

"Namun karena kita mengacu pada proyek strategis yang menyangkut pertumbuhan ekonomi dan tentang pembangunan daerah saja," ujarnya.

Pihaknya menyeleksi hanya ada 15 paket dan 14 LA dengan jumlah  29 paket yang dilakukan pengamanan dan pendampingan tahun 2023 berdasarkan Juknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: