Okultasi Lunar Venus Terjadi Lagi 23 April Nanti

Okultasi Lunar Venus Terjadi Lagi 23 April Nanti

Fenomena Okultasi Lunar Venus-- disway.id

BABELPOS.ID Fenomena astronomis ini sempat trending di beberapa media sosial, Jumat 24 Maret 2023, pasalnya penampakan ini jarang terjadi dimana biasanya hanya terlihat bulan sabit saja.

Kemunculannya dapat dilihat oleh mata telanjang setelah waktu berbuka puasa pada 2 Ramadhan 2023 lalu. 

Terlihat bulan sabit tersebut cukup jelas dengan ukuran yang besar dan berdampingan dengan bintang di bagian atas.

Fenomena astronomis yang disebut dengan okultasi venus dan bulan atau juga disebut dengan okultasi Lunar venus, yang terjadi di antara 24-25 Maret 2023.

Banyak warga yang mengabadikan momen ini dengan merekam gambar tersebut melalui ponsel mereka. 

Bahkan tidak sedikit yang membagikannya di jejaring sosial dan menjadi trending saat itu.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, konjungsi Bulan dan Venus dapat disaksikan di seluruh Indonesia. 

Namun, khusus wilayah Kalimantan Utara, konjungsi juga disertai fenomena Okultasi Venus oleh Bulan yang berlangsung sejak pukul 20.30-21.00 Wita. 

Konjungsi sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan obyek langit yang tampak berdekatan atau sudut elongasi antarbenda tersebut sangat kecil.

Sementara itu, okultasi adalah benda langit yang berjarak lebih dekat dari Bumi menghalangi obyek langit lain yang berjarak lebih jauh dari Bumi. 

Kendati demikian, fenomena okultasi Venus hanya terjadi di tahun-tahun tertentu. 

"Tidak semua tahun itu mengalami okultasi Venus oleh Bulan," ungkapnya. 

Andi menerangkan, Venus memiliki kemiringan orbit terhadap ekliptika, begitu pula dengan Bulan. Oleh karena itu, Bulan dan Venus pun tidak selalu tampak satu garis dan terhalangi oleh Bulan, atau terjadi okultasi. 

"Karena posisi Bulan lebih dekat dengan Bumi dibandingan Venus, maka Bulan berada di depan Venus, sehingga saat Bulan bergerak, seolah-olah menutupi Venus," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id