Gapai Keutamaan Ramdahan

Gapai Keutamaan Ramdahan

Rio Setiady--

MASYARAKAT bangka belitung dengan tradisi melayu yang kental semangat dalam menjalani ramadhan yang mulia. Ada yang menyambutnya dengan melaksanakan tarhib ramadhan, pawai taaruf, kerja bakti mempercantik masjid, hingga tradisi warisan budaya lainnya. 

Sejauh memiliki muatan positif dan tak ada syariat yang di langgar tentu tak ada masalah dengan berbagai kegiatan menyemarakkan ramadhan tersebut, bahkan kita sangat dianjurkan menyambut bukan mulia ini dengan suka cita lantaran begitu banyak kebaikan di dalamnya. 

Pembaca Babelpos yang dirahmati Allah, Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Maka sudah sewajarnya jika sebagai seorang muslim sejati, kita memberikan perhatian yang besar pada ibadah ibadah di sepanjang Ramadhan. 

Apa saja keutamaanya? 

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan. Sesuai dengan QS. Al-Baqarah 185 yang artinya:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

2. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

3. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

Ini tentu harus kita manfaatkan dalam memperbanyak istighfar pada Allah SWT. Karena tak semua bulan Allah berikan kesempatan yang istimewa seperti halnya bulan ramadhan. 

4. Pintu Surga Ditutup, Pintu Neraka Ditutup

Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist dibawah ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: