Erifan Buktikan Bertanam Sayur di Perkarangan, Kini Panennya Dibagi-bagi Gratis

Erifan Buktikan Bertanam Sayur di Perkarangan, Kini Panennya Dibagi-bagi Gratis

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Erifan, warga Kelurahan Opas Indah Pangkalpinang membuktikan bahwa sempitnya lahan perkarangan rumah tak menjadi halangan untuk sebuah keluarga bertanam sayur-sayuran

Hal yang ditekuni setahun ini pun membuahkan hasil. Panen lebih dari 15 jenis tanaman sayur dan buah-buahan kini tumbuh segar. Tak hanya dikonsumsi oleh keluarganya, tapi juga hasil sayur dan buah-buah ini ia bagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar.

Ia pun menamai gerakan tersebut dengan "Hijau Biru Babelku, Bersarang Pada Panbers atau kepanjangan dari Berkenun Sayur di Perkarangan Tanpa Pertisida Berbagi Panen Bersama Masyarakat Sekitar.

Menariknya usaha pria yang mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) ini benar-benar tanpa menggunakan pertisida. Inilah yang menbuah sayur dan buah-buahnya terlihat segar.

Berbagi panen itu ia laksanakan pada Rabu (15/3) kemarin. Hadir Camat Taman Sari Raihan Hafizh beserta jajarannya serta Lurah Opas Indah, Juni. Di samping memanen, kedua unsur perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang ini turut serta membagikan hasil panen sayur dan buah kepada masyarakat di kawasan nelayan Opas Indah.

Kepada babelpos.id, Erifan mengaku bersyukur apa yang menjadi jerih payahnya "menghijaukan" Opas Indah lewat perkarangan rumah serta tetangganya di tengah perkotaan dapat bermanfaat kepada masyarakat lainnya. "Alhamdulillah, ini inovasi kecil tapi dapat bermanfaat kepada yang lainnya," ungkap Erifan.

Ia pun berharap, di kemudian apa yang digiatkan ini dapat memotivasi masyarakat lainnya. Memang tak mudah akuinya, sebab yang ditanaminya tanpa pertisida. Apalagi membagi waktu kerja. Namun tekad kuat dan semangat, sayur dan buah yang ditanaminya dapat tumbuh subur.

Diakuinya juga, banyak manfaat menanam sayur dan buah di perkarangan rumahnya. Terlebih nilai ekonomis. Kebutuhan sayur untuk dikonsumsi keluarga pria yang berdinas di Biro Organisasi Setda Pemprov Babel sudah tercukupi. "Ada juga yang sengaja beli. Ada yang minta bibit untuk ditanami lagi di perkarangan rumah mereka. Saya kasih, termasuk berbagi tips," tuturnya.

Aneka sayuran yang ditanami Erifan sendiri diantaranya, kacang botor, sawi green, daun bawang, kecipir dan lainnya. Untuk wadahnya pun, ia memanfaatkan barang bekas seperti toples plastik.

Apa yang dilakukan Erifan pun disanjung oleh Camat Taman Sari, Raihan Hafizh. Pihaknya menyambut gembira adanya gerakan ini. Tentunya, kata Raihan, hal kecil ini mempunyai dapat yang positif serta menginspirasi masyarakat lainnya. "Efek positifnya luar biasa, selain tentu ada nilai ekonomisnya. Semoga hal ini dapat dicontohkan oleh masyarakat lainnya," ungkap Raihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: