Beraksi di Delapan TKP, Dua ABG Pembobol Toko di Pangkalpinang Diciduk Buser Naga

Beraksi di Delapan TKP, Dua ABG Pembobol Toko di Pangkalpinang Diciduk Buser Naga

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Dua anak baru gede (ABG) asal Kota Pangkalpinang berinisial AS dan MM diciduk Tim Buser Naga Satuan Reserse Kriminal Polresta Pangkalpinang.

Keduanya ditangkap usai membobol sebuah konter handphone milik Yogi Perestroika Sinaga, warga Perumahan Graha Loka Cluster Raudoh Kelurahan Selindung Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, AKP Adi Putra, peristiwa pembobolan tersebut terjadi pada Jumat (3/3/2023) sekira pukul 07.00 WIB di Jalan Sudirman RT 03 RW 01 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Saat itu, kata Adi Putra, korban yang hendak membuka konter HP miliknya dan mendapati atap toko sudah rusak. Diduga pelaku masuk kedalam toko melalui atap toko dengan cara merusak atau menjebol atap dan mengambil barang berupa kartu perdana Flexi 3GB 10 kartu, Flexi 16 GB 5 kartu, Flexi 32 GB 5 kartu, voucer Telkomsel 3GB 30 unit, voucer 5GB 30 unit, voucer Exis 8 unit, vocer XL 3 unit, voucer Smartfren 1 unit. 

"Akibat dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar enam juta rupiah dan melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Pangkalpinang untuk ditindak lanjuti," ungkap Adi Putra kepada Babel Pos, Minggu (5/3/2023). 

Setelah mendapati laporan tersebut, kata Adi Putra, pada Sabtu (4/3/2023) sekira pukul 23.10 WIB, tim buser naga mendapatkan informasi tentang pelaku. Selanjutnya, tim pun langsung menuju lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian pelaku. 

"Setelah melakukan pengintaian, akhirnya pelaku berhasil kita tangkap yang berjumlah dua orang. Saat diinterogasi, kedua pelaku yang masih dibawah umur ini mengakui perbuatannya," kata Adi Putra. 

Berdasarkan pengakuan kedua pelaku, lanjut Adi Putra, pencurian dilakukan dengan caramemanjat atap konter, yang mana di belakang konter terdapat tembok untuk memudahkan pelaku.

Setelah berhasil memanjat, pelaku langsung memukul atap tersebut menggunakan satu buah tang yang dibawa untuk melakukan aksinya secara bergantian, sehingga membuat atap konter tersebut pecah dan berlobang.

Setelah berhasil melobangin atap, lanjut Adi Putra, kedua pelaku langsung memasuki konter tersebut dan berhasil membawa satu unit cctv, satu buah headset, dan beragam jenis voucer kartu perdana XL, Axis, Telkomsel, dan IM3.

"Kemudian semua barang hasil curian tersebut langsung dibawa kerumah pelaku AS untuk disimpan," tegas Adi Putra. 

Dikatakan Adi Putra, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kedua pelaku sudah sering melakukan pencurian. Bahkan sebelumnya, keduanya sudah beraksi di tujuh tempat kejadian perkara (TKP) lainnya yang ada di Pangkalpinang. 

Adapun tujuh TKP tersebut yakni toko daerah Pancur yang diambil berupa rokok, stun gun, dan uang sebesar Rp700 ribu. Kemudian konter daerah Gabek yang diambil berupa beberapa voucer kartu perdana dan uang sebesar Rp8 juta. 

Selain itu, Toko Wahyu Semabung yang di ambil berupa rokok dan uang sebesar Rp3 juta, Toko Atet Pasir garam yang diambil berupa rokok dan uang sebesar Rp5 juta dan toko dekat Metro yang di ambil berupa rokok sampurna 3 slop, rokok surya 2 kaleng, bensin 5 liter dan uang receh sebesar Rp50 ribu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: