Bahaya! Kucing Jangan Beri Parasetamol dan Coklat

Bahaya! Kucing Jangan Beri Parasetamol dan Coklat

--

BABELPOS.ID  KOBA - Ternyata, memberikan obat-obatan manusia pada kucing atau hewan peliharaan tanpa berkonsultasi pada dokter hewan bisa mengakibatkan hal yang sangat serius. 

Hal ini disampaikan langsung Dokter Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bangka Tengah (DPKP Bateng), Bidang Pertenakan dan Kesehatan Hewan, drh. Riyanto kepada babelpos.id pada Kamis (2/3/2023).

Kata Dia, jika kucing ataupun anjing peliharaan sakit, maka jangan pernah sembarangan memberikan obat-obatan manusia pada kucing, bahkan dalam dosis kecil sekalipun, karena bisa sangat berbahaya.

"Ketika hewan anjing dan kucing sakit jangan pernah memberi obat seperti parasetamol, kemudian jangan memberi hewan tersebut coklat, karena beracun bagi mereka, bahkan bisa menyebabkan kematian," ungkapnya.

"Jadi, jangan pernah memberikan parasetamol pada kucing. Obat ini sangat berbahaya bagi kucing. Bahkan walau hanya memberikan beberapa miligram saja, bisa menyebabkan penyakit pada kucing semakin parah hingga kematian," tambahnya.

Ia mengatkan bahwa obat-obatan manusia yang dijual bebas maupun herbal yang tampak ringan bisa menyebabkan keracunan serius pada hewan. 

"Penting untuk diingat bahwa hewan seperti kucing bukanlah manusia. Sistem di dalam tubuh kucing sangat sensitif terhadap berbagai makan obat, dan mereka akan kekurangan enzim yang diperlukan saat mengonsumsi obat-obatan manusia," terangnya.

Dikatakan Riyanto, meskipun terkadang dokter hewan menggunakan beberapa obat manusia untuk merawat kucing, namun penting diingat bahwa tidak semua obat-obatan manusia aman untuk kucing.

"Jadi, lebih baik kalau hewannya sakit, langsung saja berobat ke Dokter Hewan, jangan diobati sendiri," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: