Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Beltim, Kantor Bahasa Babel Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka

Bersinergi dengan Dinas Pendidikan Beltim, Kantor Bahasa Babel Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka

--

MANGGAR - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Medeka di Kabupaten Belitung Timur, Kamis, 16/2/2023. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Guest Belitung Timur ini diikuti 50 peserta yang berasal merupakan kepala SMP/MTs/SMA/SMK dan guru di Kabupaten Belitung Timur.

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berinisiatif untuk bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka,” kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum.,

Irsan mengatakan bahwa Kabupaten Belitung Timur merupakan daerah yang tingkat literasinya sangat kuat. Hal itu tentu saja sesuai dengan julukan yang diberikan terhadap daerah tersebut, yaitu Bumi Laskar Pelangi. Perkembangan literasi tersebut harus terus dipantau dan dievaluasi, salah satunya melalui pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka.

“Dengan begitu, guru di sekolah dapat mengambil kebijakan di dalam pembelajaran bahasa Indonesia termasuk memberi kesempatan kepada guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa. Secara tidak langsung hasil UKBI Adaptif Merdeka juga mencerminkan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah,” kata Irsan.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Drs. Sarjano, menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di sekolah untuk meningkatkan kompetensi literasi, baik untuk guru maupun siswa. Tidak hanya itu, Sarjono juga mengharapkan bahwa melalui UKBI Adaptif Merdeka, kemampuan menulis para guru juga semakin meningkat. Salah satu manfaatnya ialah untuk keperluan kenaikan pangkat guru.

Ia menilai bahwa pelaksanaan UKBI Adaptif Medeka di sekolah sangat diperlukan bagi guru dan siswa. Harapannya, partisipasi pihak sekolah di Belitung Timur terhadap pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka akan meningkat.

Kantor Bahasa Babel memberikan penghargaan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur atas dukungan dan fasilitasi dalam penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi UKBI Adaptif Medeka di Kabupaten Belitung Timur dan diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kepala Dinas dan para peserta(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: