11 Calon Jemaah Haji Lansia Babar Bakal Berangkat Tahun Ini

11 Calon Jemaah Haji Lansia Babar Bakal Berangkat Tahun Ini

Lela Aspani--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Belasan Calon Jemaah Haji lanjut usia (Lansia) di Bangka Barat bakal diberangkatkan menunaikan ibadah haji pada tahun 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Barat, Lela Aspani, Rabu (15/2/23).

"Tahun ini haji ramah Lansia, jadi lansia itu sekitar 13 orang yang terdata masuk, namun dari 13 itu ada beberapa orang yang tak masuk karena ada yang meninggal, kemudian karena tidak sanggup lagi," ujarnya.

BACA JUGA:Kuota Haji Dibatasi, Babar Dijatah 37 Jemaah

Lela menyebutkan lansia yang akan diberangkatkan pada tahun ini, di usia 80 tahun ke atas.

"Lansia itu umur 80 ke atas, lansia menurut Kementerian Agama, bukan lansia menurut Dinas Kesehatan," bebernya.

Berapa kuota jemaah haji Bangka Barat tahun ini? Lela mengungkapkan pihaknya masih menunggu Keputusan Menteri Agama (KMA) dan Keputusan Presiden (Kepres).

"Kuota kita belum ada, dan besaran biayanya juga belum ada, kita belum ada KMA dan Kepresnya. Bangka Barat tidak ada, kuota kita itu provinsi, kalau tahun ini sekitar 1.052, kita dapat 150 an orang, tapi itu belum pasti," jelasnya.

BACA JUGA:Ketua GPK Babel Tolak Kenaikkan Usulan Biaya Haji Rp69,1 juta

Sementara itu, berdasarkan dari data Kemenag Kabupaten Bangka Barat, ada sekitar 3.500 daftar tunggu (waiting list) dari sejak tahun 2012 hingga 2023 ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: