KKN Mahasiswa Unmuh Resmi Ditutup

KKN Mahasiswa Unmuh Resmi Ditutup

Pimpinan PWM dan Unmuh Babel menutup KKN Kedisinian 2022-2023.--

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) 2022/2023 resmi berakhir, lewat penutupan yang diselenggarakan pada Selasa (14/2) kemarin. 

KKN mahasiswa Unmuh dengan tema "Penguatan Pariwisata Melalui Edutechnopreneurship dalam Mendukung Pembangunan Daerah" telah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di tempat KKN mahasiswa. 

Hadir menutup KKN ini, Ketua PW Muhammadiyah Babel Sahirman Jumli, Rektor Unmuh Fadhillah Sobri didamping para wakil rektor, dekan FKIP & FTS, Dosen Pembimbing lapangan (DPL), Bappeda se-Babel, Camat dan Kades dari lokasi KKN, serta seluruh civitas academica Unmuh Babel. 

BACA JUGA:Kolaborasi Tim KKN Unmuh Babel dan LPHD Kembangkan Fasilitas Air Terjun C2

Lewat siaran pers kepada Babel Pos, Ketua Panitia, Nurjannah, M.Pd., menjelaskan bahwa KKN Kedisinian telah usai dilaksanakan. Mahasiswa yang berlokasi KKN di Belitung telah dilakukan penarikan sejak tanggal 5 Februari 2023, sedangkan yang berada di Bangka, penarikan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2023. 

Nurjannah memaparkan bahwa lokasi KKN di lima Kabupaten ini, selanjutnya akan menjadi lokasi KKN MAs yang akan dilaksanakan pada bulan Juli - September 2023. Lima Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan. 

"Selama pelaksanaan kurang lebih 30 hari masa KKN, mahasiswa telah membuktikan dengan baik yakni direalisasikannya dalam beragam bentuk inovasi bersama DPL," ujarnya. 

BACA JUGA:Unmuh Babel Sukses Gelar BA Pintu Gerbang Kader Muhammadiyah

Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada kesempatan yang sama menyambut kembali mahasiswa KKN Kedisinian dan sekaligus juga sebagai calon mahasiswa KKN MAs.

Dzihan mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa KKN Kedisinian yang telah sukses menjadi role off change. Ia mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada mahasiswa yang mampu menyesuaikan dengan dinamika yg terjadi di masyarakat. Semua ini berkat kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah setempat. 

BACA JUGA:DPL Unmuh Babel Dampingi Pokdakan Maksimalkan Potensi Ikan Tawar di Lubuk Pabrik

Rektor UnMuh BaBel, Ir. Fadillah Sabri. S.T., M.Eng., IPM., juga mengucapkan terima kasih kepada Bappeda dan Kepala Daerah se- Bangka Belitung, yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

Rektor menjelaskan bahwa mahasiswa KKN telah melakukan pengabdian yang terbaik pada masyarakat dalam bentuk tanggung jawabnya sebagai makhluk Allah yang memiliki intelektulitas tinggi dan memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat sekitar. "Pengabdian itu berat, sebaik-baik pengabdian adalah menjadi hambanya Allah," ucapnya.

"Untuk itu pendidikan tidak hanya mengakses intelektualitas saja tapi yang penting adalah mengasah hati. Cerdaslah secara spiritual dan emosional, jangan hanya cerdas secara intelektual saja, agar dapat mengendalikan diri secara baik," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: